Putrinya Ungkap Ajip Rosidi Kerap Jatuh

Kompas.com - 30/07/2020, 08:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Ajip Rosidi, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/11/2017). KOMPAS.com/JESSI CARINA Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Ajip Rosidi, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Putri budayawan Ajip Rosidi, Titis Nitiswari, menuturkan ayahnya kerap jatuh.

Ajip Rosidi meninggal dunia pada Rabu (29/7/2020).

"Bapak kan sudah tua, jadi suka jatuh, jatuh kedua kena kepala," kata Titis Nitiswari, dikutip dari Kompas TV, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Sastrawan dan Budayawan Ajip Rosidi Tutup Usia

Karena Ajip tidak mengalami muntah dan pusing, keluarga memutuskan tidak membawanya ke rumah sakit.

Namun ternyata setelah 10 hari kejadian tersebut, Ajip mengalami muntah.

Dokter yang merawat menyebut kalau kemungkinan Ajip masuk angin, tapi untuk memastikan karena mendengar pernah ada riwayat jatuh, dokter menyarankan untuk dibawa ke IGD.

Baca juga: Cahya Kamila Kaget Saat Hadiri Pernikahan Nani Wijaya-Ajip Rosidi

"Kakak langsung ke sana (IGD), dokter yang menangani mengatakan mungkin ada gejala stroke, karena mulut Bapak tidak lurus istilahnya," kata Titis.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, ternyata ditemukan pendarahan di bagian otak suami aktris senior Nani Wijaya tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Ajip menjalani operasi di RSUD Tidar Kota Magelang setelah terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: Nani Wijaya dan Ajip Rosidi Telah Menikah di Cirebon

Ajip Rosidi, sastrawan yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Dirinya meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa, bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran sembilan tahun silam


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X