Pengakuan Jessica Iskandar Idap Penyakit Graves dan Harapannya

Kompas.com - 28/07/2020, 09:19 WIB
Artis peran Jessica Iskandar saat ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Artis peran Jessica Iskandar saat ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat dinyatakan menderita Takikardia, Jessica Iskandar akhirnya mendapat kepastian dari dokter tentang penyakit yang dideritanya saat ini.

Seperti apa pengakuan Jessica atas penyakit yang disebutnya Graves Disease Autoimmune Hyperthyroidism itu, berikut rangkumannya dikutip dari vlog Jessica Iskandar "Bagaimana Kondisi Jedar Sekarang?? Lebih Baik Atau??".

Menderita Graves Disease Autoimmune Hyperthyroidism

Dokter mengonfirmasi kondisi yang dialami Jessica Iskandar termasuk gejala takikardia dan pembengkakan di bagian leher, mengarah pada penyakit autoimun yang disebut Graves Disease Autoimmune Hyperthyroidism.

Baca juga: Cerita Jessica Iskandar Didiagnosis Autoimun Graves Disease

Dikutip dari laman Mayoclinic, Graves disease adalah gangguan autoimun yang menyebabkan kelenjar tiroid membuat terlalu banyak hormon tiroid dalam tubuh. Kondisi ini juga dikenal dengan nama hipertiroid.

Jalani pengobatan hingga 6 bulan

Jessica saat ini masih menjalani pengobatan dengan pemantauan dokter selama enam bulan ke depan.

"Obatnya yang dikasih dokter obat untuk membuat hormonnya enggak sebanyak itu, obatnya supaya tiroidnya bikinnya sedikit hormonnya," kata Jessica.

Baca juga: Idap Graves, Jessica Iskandar Berharap Tak Perlu Lakukan Operasi

"Sama obat jantung. Kemarin jantung aku berdebar, ada obatnya juga supaya jantung aku santuy," imbuhnya.

Keputusan dokter setelah enam bulan

Dalam waktu enam bulan pemantauan dan konsumsi obat, dokter akan menganalisis kembali apakah pengobatan yang dilakukan saat ini bisa dilanjutkan atau perlu melakukan langkah berikutnya yaitu operasi.

"Setelah enam bulan dokter bakal memutuskan. Amit-amit mudah-mudahan dengan obat aja bisa sembuh," ucap Jessica Iskandar.

Baca juga: Idap Graves, Jessica Iskandar Berharap Tak Perlu Lakukan Operasi

Karena jika harus melakukan operasi pengangkatan tiroid, dia harus mengonsumsi obat seumur hidup untuk menggantikan tugas tiroid dalam tubuh.

Optimistis sembuh

Optimisme Jessica Iskandar timbul setelah dokter melakukan pemeriksaan dan mengatakan penyakitnya bisa disembuhkan.

"Pokoknya enggak ada yang enggak mungkin. Harus tetep positif thinking, tetap usaha, tetap semangat, harus tetap percaya ini semua akan berlalu," ujar Jessica Iskandar meyakinkan dirinya sendiri.

Baca juga: El Barack Mau Panggil Uncle ke Richard Kyle, Jessica Iskandar Takutkan Hal Ini


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X