Malih Tong Tong Pernah Berjualan Buah di Pasar Senen Sebelum Terkenal

Kompas.com - 25/07/2020, 17:16 WIB
Malih Tong Tong dalam acara Okay Bos. (Bidikan layar YouTube Trans7 Official). YouTube TRANS7 OFFICIALMalih Tong Tong dalam acara Okay Bos. (Bidikan layar YouTube Trans7 Official).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak Malih Tong Tong menceritakan pengalamannya dulu saat masih hidup susah.

Bahkan, pelawak berusia 68 tahun ini pernah berdagang buah di Pasar Senen, Jakarta, demi menyambung hidup.

“Iya segala macam buah, nanas, jeruk pepaya, lagi zaman itu. Ya disebut susah, zaman itu memang susah banget,” kata Malih Tong Tong dalam kanal YouTube Trans7 Official berjudul “Malih-Bolot, Sang Legenda”, Sabtu (25/7/2020).

Malih Tong Tong berujar, dulunya hidup susah dan tak memiliki pekerjaan.

Baca juga: Dulu Jadi Buruh Pelabuhan, Haji Bolot Kini Punya 142 Kontrakan

Saking susahnya, Malih Tong Tong mengaku sampai tinggal menumpang di rumah mertuanya.

“Kita namanya kawin sama anak orang ngendon (tinggal) di kampung orang. Pencaharian belum ada, mau enggak mau tanggung jawab harus ada. Jangan tibang bisa kawin tapi tanggung jawab kurang, dosa hukumnya,” ucap Malih.

Selain itu, Malih Tong Tong juga menceritakan bagaimana susahnya saat mencari pekerjaan hingga rela berjalan kaki.

“Ya namanya jalan kaki kita masih numpang ama mertua kan, jadi wajar aja. Rumah di Jakarta, punya bini orang Depok. Dari stasiun ke rumah mertua itu kurang lebih tiga jam jalan kaki, sebetulnya enggak sampai tiga jam,” tutur Malih.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X