Disney Tunda Tanggal Rilis Avatar dan Star Wars, Mulan Tanpa Kepastian

Kompas.com - 24/07/2020, 09:18 WIB
Karakter utama dalam film Mulan, Star Wars, dan Avatar yang perilisannya ditunda karena pandemi covid-19. Karakter utama dalam film Mulan, Star Wars, dan Avatar yang perilisannya ditunda karena pandemi covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Disney membuat perubahan besar dalam deretan antrean film yang akan tayang.

Diumumkan Kamis (23/7/2020), Disney akan menunda sejumlah perilisan film, termasuk Avatar dan Star Wars karena pandemi virus corona (Covid-19).

Baca juga: James Cameron Jalani Karantina 14 Hari Sebelum Kembali Syuting Avatar

Sekuel Avatar diundur setahun dari tanggal rilis semula. Untuk jadwal barunya, Disney mengumumkan Avatar tayang di bioskop 16 Desember 2022.

Proyek tiga, empat, dan lima dari saga tersebut sekarang mencari tanggal rilis berturut di Desember 2024, 2026 dan 2028.

Baca juga: James Cameron dan Jon Landau ke Selandia Baru untuk Selesaikan Film Avatar 2

James Cameron sebagai sutradara merilis pernyataan cukup panjang terkait kabar penundaan tersebut.

"Sebagaimana kalian ketahui, karena Covid-19, kami terpaksa mengalami penundaan lama yang tak terduga dalam memulai pembuatan film live action yang saat ini sedang kami lakukan di Selandia Baru," ujarnya lewat Twitter resmi @officialavatar.

Baca juga: Taika Waititi Akan Sutradarai Film Star Wars Terbaru

"Apa yang sepertinya sebagian besar tidak kalian ketahui adalah pandemi masih menghalangi kami untuk diizinkan memulai kembali sebagian besar pekerjaan produksi virtual secara bertahap di Los Angeles. Pekerjaan itu sama pentingnya dengan live action," imbuhnya.

Sementara untuk Star Wars, dikabarkan akan tayang mulai 22 Desember 2023.

Baca juga: Pandemi Virus Corona, Disney Tunda Rilis Film Mulan

Proyek Star Wars lainnya akan dipindahkan tanggal rilisnya menjadi 19 Desember 2025 dan yang ketiga dijadwalkan pada 17 Desember 2027.

Salah satu rilis yang paling dinantikan sebenarnya adalah Mulan yang terus ditunda tanpa kepastian.

Baca juga: Selandia Baru Dianggap Aman, Syuting Avatar 2 Berlanjut Pekan Depan

Sampai saat ini belum ada tanggal rilis resmi untuk film adaptasi live-action dari film animasi Mulan (1998).

"Selama beberapa bulan terakhir, menjadi jelas kalau tidak ada yang pasti ketika itu berkaitan dengan rilis film di masa krisis kesehatan global, dan saat ini itu artinya menghentikan rencana rilis untuk Mulan sampai kami menilai bagaimana kami dapat secara efektif membawa film ini ke pemirsa di seluruh dunia," kata juru bicara Disney.

Sebelum Disney, Warner Bros juga mengumumkan penundaan penayangan film mereka Tenet yang disutradarai Christopher Nolan.


Sumber People
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X