Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Film Keindahan Alam dan Budaya Indonesia yang Layak Ditonton

Kompas.com - 18/07/2020, 13:11 WIB
Melvina Tionardus,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila rindu dengan pelesiran ke alam terbuka, beberapa film hasil karya anak bangsa ini mungkin bisa mengobati kerinduan dan keindahan tempat wisata di Indonesia.

Negeri kepulauan terbesar ini terkenal akan kekayaan alam dan budayanya yang beragam. Berbagai destinasi wisata seperti pantai dan gunung bisa ditemui di setiap sudut Indonesia, yang penuh dengan sejarah dan budaya.

Simak empat rekomendasi film Indonesia di Netflix berikut yang menggambarkan kekayaan alam, keunikan budaya serta sejarah Indonesia. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Film Dokumenter Terpopuler di Netflix

1. Trinity Traveler

Disutradarai oleh Rizal Mantovani, film Trinity Traveler akan mengajak pemirsa melihat ke berbagai lokasi dengan panorama yang memanjakan mata.

Bersama dengan Trinity (Maudy Ayunda) sang travel blogger dan Paul (Hamish Daud) sang fotografer, pemirsa akan mengikuti kisah perjalanan mereka di Labuan Bajo, Flores, NTT. 

Di sana mereka menyusuri pantai dengan pasir berwarna merah muda, menikmati pemandangan Labuan Bajo dari puncak Pulau Padar, bahkan mengunjungi tempat penangkaran komodo. 

Baca juga: Sinopsis Trinity Traveler, Film Maudy Ayunda yang Tayang Hari Ini di Netflix

2. Humba Dreams

Pulau Sumba, NTT memang terkenal akan keindahan alamnya. Namun, belum banyak orang yang mengetahui tentang keindahan budayanya. 

Jika ingin mempelajari lebih dalam budaya Sumba, coba simak film Humba Dreams karya Riri Riza dan Mira Lesmana.

Tak hanya menyorot kehidupan warga lokal, film ini juga menggambarkan berbagai adat istiadat khas Sumba mulai dari penampilan tari tradisional hingga prosesi pemakaman yang belum pernah ditemukan sebelumnya.  

Baca juga: Sinopsis Film Humba Dreams, Cerita Tentang Mimpi Tanah Sumba, Tayang Hari ini di Netflix

3. Romeo + Rinjani

Pemandangan dari puncak gunung mungkin menjadi suatu hal yang sangat memuaskan bagi beberapa orang karena perjuangan untuk mendaki gunung tersebut bukanlah hal yang mudah.

Sebelum memutuskan untuk pergi mendaki gunung, simak film Romeo + Rinjani yang akan membawa penonton melihat keindahan Gunung Rinjani di Lombok bersama Romeo (Deva Mahendra). 

Romeo ialah seorang fotografer majalah outdoor adventure yang ditugaskan untuk mengambil foto Gunung Rinjani. 

Baca juga: Sinopsis Dragons Dogma, Serial Anime Adaptasi Game yang Tayang di Netflix 17 September

Selain pemandangan alam yang indah, film ini juga dibumbui dengan kisah cinta segitiga yang dapat menghibur akhir pekan.

4. Banda: The Dark Forgotten Trail

Film dokumenter karya Jay Subiakto yang berjudul Banda: The Dark Forgotten Trail kaya akan sejarah NKRI. 

Film ini memperlihatkan kondisi Kepulauan Banda, Maluku yang kini terlupakan dan jauh berbeda dibandingkan sejarah kejayaannya di masa lalu.  

Baca juga: Jay Subiakto Akan Wujudkan Ide-ide Reza Rahadian

Pengambilan gambar yang memanjakan mata serta narasi puitis yang dibacakan oleh aktor Reza Rahadian dan Ario Bayu akan membawa pemirsa seakan-akan sedang menelusuri Kepulauan Banda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com