Bioskop Batal Dibuka, Ini Tanggapan Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia

Kompas.com - 16/07/2020, 21:44 WIB
Menonton di bioskop dengan protokol kesehatan era new normal Dok. Biro Komunikasi Publik KemenparekrafMenonton di bioskop dengan protokol kesehatan era new normal

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) memberikan tanggapan mengenai keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang batal membuka operasional bioskop pada 29 Juli 2020.

Melalui keterangan pers yang diterima Kompas.com pada Kamis (16/7/2020), Djonny Syafruddin selaku Ketua GPBSI menyampaikan tanggapan GPBSI mengenai hal itu.

Baca juga: Batal Diputar di Bioskop, Mira Lesmana Puas Humba Dreams Tayang di Netlfix

"GPBSI telah menerima Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta perihal penundaan pembukaan kembali bioskop," kata Djonny.

Djonny melanjutkan, pihaknya mendukung penuh keputusan pemerintah atas ditundanya pembukaan operasional bioskop di seluruh Indonesia itu.

"Melihat perkembangan terkini pandemi Covid-19 di Tanah Air serta wujud upaya aktif mendukung kesembuhan bangsa, GPBSI sebagai asosiasi pengusaha bioskop seluruh Indonesia memahami dan mendukung sepenuhnya keputusan tersebut," ucap Djonny.

Baca juga: Joko Anwar: Saya Enggak Percaya Monopoli Layar Bioskop

"Dan akan melaksanakan penundaan pembukaan kembali bioskop di seluruh Indonesia," lanjutnya.

Sebelumnya, pengelola bioskop di Jakarta memutuskan membuka kembali bioskop pada 29 Juli 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia menjelaskan, penundaan pembukaan bioskop itu disebabkan grafik penambahan kasus Covid-19 di Jakarta belum melandai.

Baca juga: Bioskop Dibuka Lagi, Aturan Baru dan Film yang Bakal Tayang

"Iya betul (pembukaan bioskop ditunda). Saat ini, Covid-19 di Jakarta belum stabil, naik lagi, jadi kita tunda sampai benar-benar kondusif," kata Cucu saat dihubungi, Kamis (16/7/2020).

Cucu mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola bioskop di Jakarta perihal penundaan tersebut.

"Mereka (pengelola bioskop) bisa mengerti, sudah disampaikan, sudah komunikasi," ungkap Cucu.

Baca juga: Sambutan Positif Sutradara dan Produser Film Jelang Bioskop Dibuka

Sebelumnya diketahui, Pemprov DKI mengizinkan pemutaran film di bioskop kembali beroperasi selama masa perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), yakni mulai 6-16 Juli 2020, dengan syarat penonton mematuhi protokol pencegahan Covid-19.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X