Butet Kartaredjasa Blak-blakan di Depan Jokowi, Sampai-sampai Keceplosan Ngomong

Kompas.com - 15/07/2020, 19:09 WIB
Butet Kartaredjasa saat menemui wartawan di rumah duka Djaduk Ferianto KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAButet Kartaredjasa saat menemui wartawan di rumah duka Djaduk Ferianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Seniman Butet Kartaredjasa mengungkap cerita menarik ketika mendapatkan giliran pertama berbicara di depan Presiden Joko Widodo.

Butet bersama dengan sejumlah pesohor hiburan Tanah Air diundang ke Istana Negara pada Selasa (14/7/2020).

Baca juga: Kelakar Butet Kartaredjasa Blusukan ke Gang Dolly: Apes Aku di Sini Sudah Sepi

Kehadiran mereka dalam rangka membantu pemerintah agar menyosialisasikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Butet yang duduk di seberang Jokowi, kira-kira sekitar satu meter, menyampaikan keresahan para pekerja seni yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Kelakar Butet Kartaredjasa Blusukan ke Gang Dolly: Apes Aku di Sini Sudah Sepi

"Saya minta izin sama Presiden, 'pokoknya ini saya ngomongnya boleh ngawur, ya, sesuka saya saja, mengalir saja, bebas'. Ya, dipersilakan," ungkap Butet kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (15/7/2020).

Pada intinya, Butet menyampaikan kepada Jokowi bahwa pekerja seni banyak dari berbagai macam bidang.

Baca juga: Butet Kartaredjasa Dorong Wishnutama Bantu Pekerja Seni Terdampak Corona

Kata Butet, pekerja seni bukan hanya artis-artis yang wajahnya kerap kali ada di depan layar kaca ataupun YouTube.

Dia mencontohkannya seperti karawitan di dalam seni wayang, ketoprak, perupa, pematuk patung, sastrawan, dan yang lainnya.

Baca juga: Pajang Foto Peluk Didi Kempot, Butet Kartaredjasa: Selamat Jalan....

"Jadi saya menerangkan ke Pak Jokowi bahwa yang dimaksud pekerja seni itu banyak, bukan hanya orang-orang yang hadir di Istana ini, jadi seniman-seniman tradisional misalnya," ucap Butet.

"Bukan orang-orang populis infotaimentlah. Sementara kemarin yang hadir artis-artis langganan infotainment. Nah, saya mengingatkan di depan presiden bahwa seniman itu bukan hanya yang populis, bahwa ada sastrawan, ada perupa, ada seniman tradisional, itu juga harus diperhatikan," tambah Butet.

Baca juga: Kisah Butet Kartaredjasa Blusukan ke Kawasan Bumi Langit Institute

Butet meminta kepada Jokowi agar para pekerja seni diberikan pertolongan lantaran perekonomiannya berdampak akibat pandemi Covid-19.

Berbicara secara blak-blakan di depan Jokowi dan pesohor dunia hiburan, Butet mengaku sampai keceplosan ngomong kasar pada saat itu.

Baca juga: Diiringi Permainan Lesung, Butet Kartaredjasa Bicara Kopi dengan Setiawan Subekti

"Oh kalau aku enggak (canggung), karena enggak punya beban sama sekali. Aku ngelantur aja, ngomong seenaknya, bahkan kemarin aku kelepasan bilang 'asu' segala aku," kata Butet sambil tertawa.

Atas peristiwa itu, Butet mengistilahkan dirinya sendiri dengan sebutan monolog garingan, orang yang berbicara panjang di depan orang banyak.

Baca juga: Bincang Hangat Butet Kartaredjasa dengan Iskandar Waworuntu, Makanan hingga Krisis Kemuliaan


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X