KPI Beri Teguran Tertulis untuk Buanglah Cinta di Hatiku dan Pesantren Rock N Dut

Kompas.com - 14/07/2020, 22:27 WIB
KPI Pusat menegur FTV Buanglah Cinta Hatiku dan sinetron Pesantron Rock N Dut lewat tertulis. KPI Pusat menegur FTV Buanglah Cinta Hatiku dan sinetron Pesantron Rock N Dut lewat tertulis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) Pusat melayangkan teguran tertulis pertama untuk dua tayangan SCTV, yakni FTV Buanglah Cinta di Hatiku dan sinetron Pesantren Rock N Dut.

Hal itu diumumkan KPI melalui akun Instagram-nya seperti dikutip Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

Baca juga: KPI Tegur Sinetron Dari Jendela SMP karena Dialog yang Tak Pantas

"Demikian ditegaskan KPI Pusat dalam surat teguran tertulis untuk dua program tersebut yang telah dikirim ke SCTV, pekan lalu," tulis KPI.

Kedua tayangan tersebut dinilai telah melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

Baca juga: KPI Pusat Beri Teguran Tertulis untuk Sinetron Dari Jendela SMP

Pertama, dalam FTV Buanglah Cinta di Hatiku, tim pemantauan KPI Pusat menemukan visualisasi pemeran pria mengenakan pakaian sweater bergambar payudara wanita.

Tayangan itu terjadi pada 12 Juni 2020 pukul 15.10 WIB.

Adegan itu melanggar delapan pasal P3SPS KPI yang berkaitan dengan aturan tentang kewajiban menghormati nilai dan norma kesopanan serta kesusilaan dan perlindungan terhadap kepentingan remaja juga anak-anak.

Baca juga: Tessy: Saya Mantan Marinir, Pernah Dicekal KPI

Sementara itu, sinetron Pesantren Rock N Dut menayangkan adegan seorang pria yang melecehkan simbol agama, yakni melakukan panggilan sholat dengan cara yang tidak semestinya.

Adegan yang tayang pada 1 Juni 2020 pukul 19.56 WIB itu dinilai melanggar enam pasal P3SPS.

Baca juga: Agar Masyarakat Kritis dan Cerdas Menonton TV, KPI Selenggarakan Program Literasi Media

Pasal itu berkaitan dengan penghormatan nilai dan norma kesusilaan serta kesopanan dan juga perlindungan terhadap anak dan remaja dalam isi siaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X