Akses Netflix Dibuka Telkom, Joko Anwar: Ekosistem Industri Film Semakin Sehat

Kompas.com - 08/07/2020, 17:05 WIB
Joko Anwar, saat ditemui di acara Galaxy Movie Studio Offline Class di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (6/3/2020). KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaJoko Anwar, saat ditemui di acara Galaxy Movie Studio Offline Class di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar ikut senang dengan kabar Telkom yang membuka akses blokir mereka terhadap layanan streaming Netflix.

Kini para pengguna layanan Indihome dan Telkomsel sudah bisa mengakses Netflix tanpa bantuan VPN.

Menurut Joko Anwar, keputusan ini akan berpengaruh cukup baik terhadap ekosistem industri perfilman Tanah Air.

Baca juga: 5 Fakta Serial Drama Stateless, Tayang di Netflix Hari ini

"Keputusan ini in line sama usaha kita untuk membuat ekosistem industri film semakin sehat," kata Joko Anwar saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/7/2020).

Di satu sisi, beberapa pelaku industri perfilman ingin menghapuskan pembajakan yang sudah merajalela.

Namun di sisi lain, pemerintah sendiri masih melakukan blokir terhadap akses layanan film yang justru legal.

Baca juga: Penantian Panjang Pengguna Indihome dan Telkomsel untuk Akses Netflix Berakhir

Oleh sebab itu, Joko Anwar sangat senang ketika mendengar kabar Telkom akhirnya membuka akses untuk Netflix.

"Kalau misalkan kita berusaha bilang, 'Jangan nonton bajakan! Nonton yang legal!' tapi ya (aksesnya) ditutup/diblokir kan agak enggak nyambung," ujarnya.

Sutradara Gundala ini berharap dengan dibukanya akses Telkom untuk Netflix bisa mengurangi pembajakan film di Indonesia.

Baca juga: Sinopsis Desperados, Perjuangan Gila Mengejar Cinta, Tayang di Netflix

Kendati demikian, ia juga tetap mengajak para pelaku film untuk mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan pembajakan karena merugikan industrinya sendiri.

"Tentunya kita harus mengedukasi masyarakat karena banyak yang kurang paham juga. Kadang mereka menganggap pembajakan film atau menonton film dari situs ilegal itu tidak merugikan industri film, padahal kan iya," tutupnya.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X