Resmi, Netflix Kini Bisa Dinikmati Pengguna Telkomsel dan Indihome

Kompas.com - 07/07/2020, 16:44 WIB
Ilustrasi Netflix di smartphone. BloombergIlustrasi Netflix di smartphone.

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan streaming Netflix kini bisa lebih dinikmati masyarakat di Indonesia.

Per hari ini, Selasa (7/7/2020), Netflix bisa ditonton pengguna provider internet Telkom Group, yakni Telkomsel, IndiHome, dan Wifi.id.

Sebab, selama ini provider tersebut memblokir layanan Netflix di jaringannya.

Baca juga: The Kissing Booth 2, Dua Pilihan untuk Elle, Tayang di Netflix 24 Juli

Tizar Patria selaku Business Development Manager Netflix, yang mewakili Netflix Indonesia pun menyambut gembira hal ini.

“Kami sangat senang karena saat ini Netflix telah dapat diakses melalui jaringan Telkom, artinya sekarang masyarakat Indonesia dapat menikmati tayangan Netflix yang beragam, mulai dari serial TV, dokumenter, serta film lokal dan internasional berkualitas di semua jaringan," kata Tizar Patria dalam siaran media yang diterima Kompas.com, Selasa.

Sehubungan ini, Netflix berjanji bakal meningkatkan kualitas mereka kepada para penonton.

"Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggemar hiburan di Indonesia dengan menambahkan lebih banyak film-film Indonesia di Netflix, meningkatkan pengalaman pengguna, serta mengembangkan kerja sama dengan mitra-mitra di Indonesia," tutur Tizar Patria.

Baca juga: Sinopsis Seri Animasi Terbaru Transformers: War for Cybertron Trilogy - Siege, Tayang di Netflix 30 Juli 2020

Dilansir dari rubrik Tekno, menurut Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo pembukaan blokir Netflix tak lepas dari adanya upaya pendekatan platform streaming tersebut menyesuaikan tuntutan pasar Indonesia.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” ujar Arif dalam keterangan resminya, Selasa (7/7/2020).

Pendekatan serius ditunjukkan Netflix sebagai komitmen untuk dapat diterima masyarakat Indonesia. Netflix melakukan langkah-langkah seperti memastikan ketersediaan tools dalam sistem untuk pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control).

Baca juga: Japan Sinks: 2020, Saat Jepang Dilanda Bencana Alam Dahsyat, Tayang di Netflix 9 Juli

Pihak Netflix juga diklaim telah berkomitmen mendengar keluhan, masukan, serta bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Di samping itu, Netflix juga disebut telah menyepakati komitmen kepatuhan pada “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN”.

Dalam komitmen tersebut, Netflix sepakat tidak menayangkan konten terlarang yang mengandung pornografi anak, terorisme, dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta konten yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X