Pamit dari YouTube, Jovial da Lopez: Sekarang YouTube Collab ke Atas

Kompas.com - 29/06/2020, 18:21 WIB
Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez (kanan) berpose saat media visit promo film Bucin di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (5/3/2020). KOMPAS.com/MUTHIAH NURAINI SAndovi da Lopez dan Jovial da Lopez (kanan) berpose saat media visit promo film Bucin di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (5/3/2020).
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kanal YouTube SkinnyIndonesian24 yang digagas oleh kakak beradik Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez mengumumkan akan mengakhiri kanal tersebut pada 24 Juni 2021.

Aktor dan penulis Raditya Dika menyayangkan keputusan Jovi dan Dovi.

Sebab itu, Raditya Dika mengundang Jovi dan Dovi untuk mengklarifikasi dan menceritakan alasan mereka menyudahi kanal YouTube SkinnyIndonesian24.

Baca juga: Terkenal Lewat SkinnyIndonesian24, Jovial dan Andovi da Lopez Bintangi Banyak Film Indonesia

“Jadi kalau YouTube waktu itu ya gue pakai bahasa collab ke bawah, itu sering dilakukan, lu cari talenta baru, terus lu bikin sesuatu bareng,” tutur Jovi dalam kanal YouTube Raditya Dita, seperti dikutip Kompas.com, Senin (29/6/2020).

“Entah kenapa gue ngerasa sekarang collab ke atas,” kata Jovi melanjutkan.

Dovi mengatakan hal serupa, bahwa banyak perbedaan di dunia YouTube saat ini dibandingkan saat pertama kali mereka membuat channel pada 24 Juni 2011.

Baca juga: Skinnyindonesian24 Pamit dari YouTube, Apa Alasannya?

“Dovi juga sempat bilang ingat enggak lu jaman dulu waktu dulu masih mungkin tuh ada YouTuber enggak terkenal tiba-tiba diajak sama orang yang mungkin yang punya program duluan untuk yang kerja sama,” tutur Raditya Dika.

Meskipun tak semua YouTuber melakukan hal serupa, lanjut Jovi, para YouTuber saat ini hanya ingin berkolaborasi dengan YouTuber lain yang sudah punya nama besar.

“Kalau sekarang mungkin ya yang punya nama collab sama yang punya nama, pokoknya permainannya di situ. Ini  enggak berarti semua kasus begini. Ini yang gue rasakan, sekarang collab-nya ke atas,” tutur Jovi.

Baca juga: YouTuber SkinnyIndonesian24 Umumkan Pamit Tahun 2021

Namun, Jovi dan Dovi tak menampik mereka juga pernah berkolaborasi dengan orang yang sudah punya nama besar.

“Bukan berarti gue sama Dovi enggak main kayak gitu juga, kita juga collabs sama orang yang punya nama tapi kebetulan orang-orang tersebut teman kita juga,” ujar Jovi.

Meskipun tidak secara gamblang mengungkap alasan pamit dari YouTube, Andovi hanya mengatakan alasan pribadi.

Sementara itu Jovial menuturkan alasannya menyangkut dengan sistem YouTube masa kini.

Baca juga: Skinnyindonesian24 Tak Sangka Video Rap Prabowo Vs Jokowi Paling Populer di Indonesia Tahun 2019

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X