Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Terakhir, Kolaborasi Andi Rianto dengan Penyanyi Lintas Genre

Kompas.com - 28/06/2020, 14:21 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Komposer Andi Rianto berkolaborasi bersama sejumlah penyanyi, yakni Dirly, Lobow, Roy Jeconiah, Alwin, Ope, Ilona, dan Bimmo.

Beberapa di antara mereka merupakan para penyanyi jebolan ajang pencarian bakat seperti Indonesian Idol, The Voice Indonesia, Indonesia Mencari Bakat atau (IMB) serta perhelatan lomba menyanyi internasional.

Dalam kolaborasi itu, mereka merilis singel "Yang Terakhir" karya Glenn O Rotty.

Baca juga: Andien Gandeng Yovie Widianto dan Andi Rianto untuk Jendela Waktu

Dengan sentuhan aransemen Andi, tembang yang mengisi segmen lagu romantis hasil kolaborasi ini dilantunkan secara apik oleh duet Ilona dan Bimo.

"Setiap mengaransemen sebuah lagu, saya berangkat dari lagu itu sendiri dan karakter suara penyanyinya. Dikarenakan 'Yang Terakhir' ini adalah sebuah lagu duet, maka keselarasan harmoni harus lebih diperhatikan," kata Andi, Minggu (28/6/2020).

Baca juga: Yovie Widianto dan Andi Rianto Siap Meriahkan Konser Rio Febrian

"Single ini menurut saya memiliki kekuatan dari melodi dan lirik yang indah, serta kekuatan para penyanyi dalam membawakan lagu ini," tambah Andi.

Sementara itu, Bimo mengatakan bahwa lagu tersebut sangat romantis.

"Berduet dengan Ilona yang suaranya merdu semakin menambah keyakinan bahwa lagu ini akan menjadi lagu yang enak didengar. Terutama aku suka di bagian ending-nya," kata dia.

Baca juga: Andi Rianto: Konser MOX, Musik Berpadu Film

Ilona yang dipercaya menjadi penyanyi istana pada 2010 dan pernah naik pentas juara lomba menyanyi di Thailand mengaku langsung jatuh cinta dengan lagu tersebut.

"Lagu ini punya alur yang indah, sehingga cepat sekali dipelajari dan mudah untuk dinyanyikannya," katanya.

Direktur Support & Business Development Legenda Musik Indonesia Faisal Nurdin mengatakan, bukanlah hal yang mudah untuk mengerjakan proyek kolaborasi yang melibatkan enam penyanyi lintas genre serta komposer kondang ini.

Baca juga: Andi Rianto Mencari Musisi Muda

Namun, proses kreatif hingga masuk dapur rekaman akhirnya mengalir lancar.

"Yang Terakhir" dirilis pada 25 Juni 2020 dan telah hadir di berbagai digital store, berbarengan dengan peluncuran klip video lirik.

Sementara klip video yang disutradarai Dede M Nur dirilis pada 27 Juni 2020. Suguhan visual dari single produksi Legenda Musik Indonesia ini dapat diakses melalui kanal YouTube Legenda Musikindo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com