Kompas.com - 19/06/2020, 15:12 WIB
Grup rock Nirvana dan Kurt Cobain (kanan) Grup rock Nirvana dan Kurt Cobain (kanan)

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang YouTuber bernama Funk Turkey menghidupkan kembali Nirvana lewat artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Dengan kemampuannya, Funk Turkey membuat Nirvana menciptakan lagu baru berjudul "Smother".

Sebelumnya, Funk Turkey juga menggunakan metodologi serupa ketika membuat lagu-lagu palsu dari band kenamaan seperti AC/DC, Metallica, dan Nickelback.

Funk Turkey menjelaskan bahwa dirinya mengumpulkan semua lirik dari lagu Nirvana dan membiarkan sistem komputer menciptakan liriknya.

Baca juga: Galang Donasi Tangani Covid-19, Post Malone Akan Gelar Konser Tribute to Nirvana

Selanjutnya, Funk Turkey menggabungkan semua musik Nirvana dan vokal yang ada lalu mengkombinasikan nadanya sehingga pas.

Sementara untuk penggunaan program drum, Funk Turkey mengaku gunakan aplikasi Superior Drummer 2.

"Aku tahu Dave Grohl membenci drum komputer tapi ini adalah hal terbaik yang aku punya. Maafkan aku, Dave," kata Funk Turkey.

Baca juga: Video Musik Nirvana Disaksikan Satu Miliar Kali di YouTube

Halaman:

Sumber NME
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X