Jefri Nichol Ungkap Efek yang Dirasakan saat Mengonsumsi Ganja

Kompas.com - 18/06/2020, 22:34 WIB
Jefri Nichol berpose pada press conference film Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi di SCTV Tower, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020). Film ini merupakan adaptasi dari novel best seller karya Boy Candra yang akan tayang tahun ini. KOMPAS.com/MUTHIAH NURAINI SJefri Nichol berpose pada press conference film Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi di SCTV Tower, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020). Film ini merupakan adaptasi dari novel best seller karya Boy Candra yang akan tayang tahun ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor muda Jefri Nichol mengungkap bagaimana efek yang ia rasakan ketika mengonsumsi ganja beberapa waktu lalu.

Jefri Nichol menyampaikan ini dalam diskusi bertema "Pemenjaraan Pengguna Ganja Medis" yang diselenggarakan oleh Voice Of Indonesia pada Kamis (18/6/2020).

Diketahui, sebelumnya Jefri Nichol sempat mengaku mengonsumsi ganja karena punya masalah kesulitan tidur.

"Saya merasakan efek mengantuk karena (senyawa) THC-nya (Tetrahydrocannabinol), dan itu yang saya baca bahwa dapat membantu tidur. Yang saya tahu seperti Fidelis, Reyndhart (pengguna ganja alasan medis) juga mencoba menggunakan ganja untuk menyembuhkan penyakitnya," ucap Jefri Nichol.

Baca juga: Jefri Nichol Sayangkan Stigma Masyarakat pada Pengguna Narkotika

Meski masih menjadi perdebatan, Jefri Nichol mempertanyakan mengapa Indonesia belum meriset ganja dari sisi medis dan ilmiahnya.

"Orang-orang kayak gitu enggak dipertimbangkan penggunaannya (untuk medis). Makanya saya bingung kenapa Indonesia belum juga nih melakukan riset soal itu," ucap Jefri Nichol.

Meski skala prioritasnya belum seberapa, menurut Jefri Nichol, setidaknya riset dapat menjawab berbagai perdebatan soal fakta dan mitos seputar ganja selama ini.

Termasuk, riset mengenai manfaat ganja untuk keperluan medis.

Baca juga: Jefri Nichol: Pengguna Narkotika Lebih Butuh Bimbingan ketimbang Penjara

"Mungkin urgensinya enggak seperti ganja dapat menyembuhkan gitu, tapi poin saya kalau memang tanaman ganja berguna dan bisa menyembuhkan penyakit orang-orang ini kenapa aksesnya enggak dipermudah saja dengan cara meregulasi pengguna ganja daripada mengkriminalisasi," tutur Jefri Nichol.

Diketahui, karena pernah mengonsumsi ganja, Jefri harus berurusan dengan hukum ketika tertangkap menggunakan ganja pada tahun 2019 lalu.

Setelah menjalani persidangan, pada 11 November 2019, Jefri dinyatakan bersalah oleh Hakim Ketua Krisnugroho dan dihukum menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur selama tujuh bulan.

Baca juga: Jefri Nichol Cerita Pengalamannya Jalani Rehabilitasi Narkotika


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X