Novel Baswedan Beri Dukungan untuk Bintang Emon, Kritik Sosial Sudah pada Tempatnya

Kompas.com - 17/06/2020, 09:58 WIB
Penyidik KPK Novel Baswedan (tengah) selaku korban menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus penyiraman air keras terhadap dirinya dengan terdakwa Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Sidang tersebut beragenda mendengarkan keterangan saksi. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz ANTARA FOTO/Aprillio AkbarPenyidik KPK Novel Baswedan (tengah) selaku korban menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus penyiraman air keras terhadap dirinya dengan terdakwa Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Sidang tersebut beragenda mendengarkan keterangan saksi. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, mengaku prihatin dengan tudingan yang datang terhadap komika Bintang Emon.

Novel menegaskan bahwa aspirasi yang dikemas Bintang Emon dengan bumbu komedi sudah pada tempatnya.

Baca juga: [POPULER HYPE] Nasib Bintang Emon | Luna Maya Menyesal | Pendapatan Fantastis Raffi Ahmad

"Proses (hukum) itu nampak sekali keterlaluan, tampak sekali mempertontonkan wajah hukum yang buruk dan lucu tentunya sehingga saya melihat kritik sosial yang disampaikan itu sudah pada tempatnya," tegas Novel dalam video singkat unggahan Instagram-nya dikutip pada Rabu (17/6/2020).

Novel mengatakan, tuntutan satu tahun penjara terhadap dua terdakwa penyerangan penyiraman air keras terhadapnya ini merupakan bentuk ketidakadilan.

Baca juga: Bintang Emon Menjawab: Pajang Hasil Tes Urine hingga Sebut Manajer dan Kakak Diusik

"Karena kerusakan penegak hukum bisa berulang dan bisa terjadi terhadap siapa pun," tulis Novel pada keterangan tertulis unggahan Instagram-nya.

Atas hal ini, Novel berharap agar Bintang Emon semakin kuat dengan tudingan-tudingan yang datang dari berbagai pihak.

"Tentunya saya berharap semoga Bintang Emon semakin kuat, semakim matang, dan semakin dicintai masyarakat," ucap Novel.

Baca juga: Nasib Bintang Emon Usai Bikin Video Kasus Novel Baswedan, Dituduh Narkoba hingga Akun Diusik

Novel berharap agar dua terdakwa penyiraman air keras terhadap dirinya sadar apa yang sudah dilakukannya itu merupakan hal yang buruk.

Sebelumnya, Bintang Emon mengungguh sebuah video berisi tanggapannya tentang tuntutan hukuman bagi penyiram air keras ke wajah Novel Baswedan.

Dengan gaya khasnya, Bintang menyampaikan kritiknya melalui video berdurasi satu menit 42 detik itu sehingga menjadi perbincangan publik.

Baca juga: Heboh Video Kasus Novel Baswedan, Bintang Emon Sebut Ada yang Usik Akun Kakak dan Manajer

Ada yang mendukung Bintang untuk tetap menyuarakan pendapatnya, ada pula beberapa akun Twitter yang menuding bahwa bintang film Milly & Mamet itu menggunakan narkotika jenis sabu.

Hingga akhirnya, Bintang Emon menjawab tudingan tersebut dengan hasil tes urine yang menyatakan negatif narkoba.

Selain itu, Komedian, Sutradara dan Aktor Ernest Prakasa mengatakan Bintang Emon memang meluapkan keresahannya dalam video itu, seperti yang biasa dilakukan para komika dalam setiap aksinya.

"Dan komedian kan bergeraknya dari keresahan ya. Jadi itu hal yang bagus kalau dia bisa melampiaskan keresahannya dia dalam video itu. Itu yang memang kami lakukan. Soal itu mengundang reaksi ya namanya orang lagi ngetop-ngetopnya ya pasti disorot lah," ucap Ernest kepada Kompas.com.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X