Joko Anwar Berharap Penegakan Hukum untuk Pembajak Film Ditingkatkan

Kompas.com - 11/06/2020, 18:28 WIB
Joko Anwar saat ditemui dalam acara peluncuran Samsung Galaxy S20 di Ballroom Ritz Calton, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020). KOMPAS.com/IRA GITAJoko Anwar saat ditemui dalam acara peluncuran Samsung Galaxy S20 di Ballroom Ritz Calton, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar berharap penegakan hukum untuk pembajakan film lebih dikuatkan.

Hingga saat ini, Joko Anwar masih menemukan banyak situs-situs streaming film ilegal yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Padahal, pemerintah sudah memiliki payung hukum sendiri dengan ancaman pidana maksimal 4 tahun dan denda sebesar Rp 1 miliar.

"Ya payung hukumnya sudah ada tapi law enforcement-nya harus lebih dikuatkan. Bukan semata-mata ada payung hukumnya terus pihak authority tidak men-track down," kata Joko Anwar seperti dikutip Kompas.com dari siaran langsung di Instagram @aprofi.id, Kamis (11/6/2020).

Baca juga: Joko Anwar Angkat Bicara Nasib Perfilman di Tengah Pandemi Corona

Sebagai salah satu pelaku di industri film, Joko Anwar tidak ingin menaruh harapan besar terhadap pemerintah dalam memerangi penyebaran situs streaming ilegal dan pembajakan.

Pasalnya, ia sendiri tidak tahu posisi pemerintah di industri film yang sebagai sumber pendapatan negara.

"Ya kembali lagi seberapa serius pemerintah memberikan effort untuk menghentikan pembajakan? Seberapa besar pemerintah menganggap industri film sebagai industri penting bagi pendapatan negara?" ujar Joko Anwar.

Padahal, Joko Anwar melanjutkan bahwa industri film Tanah Air sedang sangat membanggakan dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Joko Anwar Sebut Perfilman Indonesia Melonjak Pesat Sebelum Pandemi Covid-19

Hal itu terbukti dari angka jumlah penonton film Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X