Kompas.com - 08/06/2020, 15:46 WIB
BTS saat konferensi pers album Map of the Soul: 7 yang dihelat tanya media dan penggemar pada 24 Februari 2020 Koreaboo BTS saat konferensi pers album Map of the Soul: 7 yang dihelat tanya media dan penggemar pada 24 Februari 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikut andil dalam upacara kelulusan virtual bertajuk Dear Class 2020, BTS sampaikan pesan menyentuh bagi seluruh penggemar mereka.

Masing-masing anggota BTS menyampaikan pesan mereka, dan hanya RM yang menyampaikan pesan dalam bahasa Inggris.

RM membuka percakapan dengan mengatakan tentang betapa anehnya tahun ini, mungkin juga lulusan tahun ini tidak mendapat bunga atau toga, tapi ada satu hal yang penting untuk diingat.

"Apa yang kita miliki adalah mungkin upacara kelulusan paling spesial dalam sejarah," ujar RM dalam video yang diunggah Bangtan TV, 8 Juni 2020.

Baca juga: Tampilkan Barack Obama hingga BTS, Saksikan Dear Class of 2020 di Sini

RM kemudian menceritakan kenangannya 10 tahun lalu ketika dia lulus sekolah menengah di tengah hujan salju.

Kemudian Jungkook menceritakan pengalamannya lulus yang bersyukur saat itu dia sudah menjadi anggota BTS sehingga ada kenangan dalam sebuah video.

Sedangkan Jin berbicara tentang perasaan tidak nyaman setelah lulus. Sebagai lulusan baru, ia mengaku merasa khawatir dengan jalan yang ada di depannya dan apa yang harus dilakukannya.

Kemudian, Jin memberi nasihat pada anak-anak yang baru lulus apabila mereka memiliki perasaan yang sama.

"Apa yang menyatukan saya pada saat-saat itu adalah janji yang saya buat untuk diri saya sendiri agar santai. Sejak saat itu, sudah menjadi kebiasaan saya untuk meluangkan waktu untuk diri saya sendiri," kata Jin.

Baca juga: Tampilkan Barack Obama hingga BTS, Saksikan Dear Class of 2020 di Sini

Suga juga membicarakan rasa tidak aman dan kesendiriannya setelah lulus sekolah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X