Kompas.com - 05/06/2020, 15:54 WIB
Komponis Erwin Gutawa saàt ditemui dalam sebuah diskusi di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAKomponis Erwin Gutawa saàt ditemui dalam sebuah diskusi di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Komposer Erwin Gutawa mendapat tantangan baru ketika harus menggelar konser orkestra secara virtual di tengah pandemi.

Menurut Erwin, kebiasaan orkestra yang bermain dengan para pemusik secara langsung, kali ini harus terpisah-pisah dari memainkan musik dari rumah masing.

Hal ini disampaikan Erwin ketika jadi narasumber dalam acara Mata Najwa yang dipandu Najwa Shihab.

Baca juga: Erwin Gutawa Hadirkan Mendiang Chrisye di Panggung Java Jazz Festival 2020

"Memang kelebihan orkestra itu banyak orang, tapi enaknya kita bisa saling dengar instrumen musik lain, pemain biola bakal lebih termotivasi ketika mendengar bunyi float, terompet dan lainnya, gitu," ucap Erwin Gutawa seperti dikutip Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

"Mungkin kebiasaan yang enggak bisa kita lakukan lagi, karena semua melakukannya masing-masing dari rumah, nah itu paling susah," tambah Erwin.

Meski sempat tergagap-gagap, Erwin beruntung, musik orkestra punya sebuah bahasa yang sudah ada turun-temurun dan sangat membantu ketika harus bermain secara terpisah-pisah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Gandeng Afgan, Erwin Gutawa Bakal Gelar Orkestra di Rumah Spesial Ramadhan

"Untungnya kalau orkestra itu punya bahasa yang seluruh dunia lakukan, ada namanya notasi balok, semua tanda-tanda bunyi itu sudah kita sepakati di seluruh dunia, kebetulan kita sudah sering main, kesepakatan itu yang perlu dicari, alhamdulillah bisa (terwujud)," ucap Erwin.

Adapun, industri musik menjadi salah satu lini yang cukup besar terdampak efek domino virus corona.

Hal itu lantaran tak memungkinkannya menggelar acara musik yang melibatkan banyak orang di tengah pandemi.

Sejauh ini, Erwin Gutawa sudah berhasil menggelar beberapa konser orkestra secara virtual dengan melibatkan beberapa penyanyi lain seperti Afgan dan Tulus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.