Kompas.com - 30/05/2020, 07:28 WIB
Tasya Kamila usai menghadiri acara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020) KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUSTasya Kamila usai menghadiri acara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Tasya Kamila merupakan salah satu pesohor Indonesia yang menempuh pendidikan S2 di luar negeri.

Selama beberapa tahun dia meninggalkan dunia keartisan untuk belajar di jurusan Public Administrasion di Columbia University, New York, Amerika Serikat.

Melalui pertemuan virtual pada Kamis (28/5/2020), Tasya Kamila menceritakan pengalamannya saat berkuliah di luar negeri.

1. Ingin menjadi menteri

Pemilik nama lengkap Shafa Tasya Kamila mengaku memiliki cita-cita menjadi salah satu menteri di Indonesia.

"Jurusannya kenapa public administration? Karena aku punya cita-cita pengin jadi menteri. Aku pengin belajar dulu bagaimana cara formulasi kebijakan publik dan juga menganalisis serta mengimplementasikannya secara baik," kata Tasya.

Untuk diketahui, Tasya juga lulus cumlaude Universitas Indonesia jurusan akutansi.

Baca juga: Tasya Kamila Kuliah Administrasi Negara karena Ingin Jadi Menteri

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

2. Tantangan kuliah di luar negeri

Pelantun lagu "Anak Gembala itu" tak menampik bahwa kuliah di luar negeri tak hanya melulu tentang suka cita, tetapi juga ada dukanya.

Tasya membeberkan salah satu hal yang menjadi tantangannya sebagai mahasiswa di negeri orang adalah biaya hidup.

Kala itu, Tasya mengatakan 1 dollar AS setara dengan Rp 14.000, yang mana biaya makan paling murah seperti kaki lima bisa mencapai Rp 60.000 sampai Rp 70.000.

Baca juga: Profil Tasya Kamila, Mantan Penyanyi Clik Pelantun Anak Gembala

"Untuk makan, seperti di emperan, aku kebetulan di New York City, yang paling murah itu 5 sampai 6 dollar AS," ungkap Tasya Kamila.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X