Andien Aisyah Bagi Tips Beradaptasi di Tengah Pandemi Corona

Kompas.com - 28/05/2020, 14:05 WIB
Andien tampil di Java Jazz Festival 2020 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2020). KOMPAS.com/DIENDRA THIFAL RAHMAHAndien tampil di Java Jazz Festival 2020 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2020).
Penulis Firda Janati
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyanyi Jazz Indonesia, Andien Aisyah Hardiyanti mempunyai tips agar tidak terlalu khawatir dan bingung di tengah pandemi corona atau Covid-19.

Menurut penyanyi kelahiran 25 Agustus 1985 ini wajar bila setiap orang awalnya kebingungan menerima keadaan yang berubah di tengah pandemi ini.

“Aku rasa sebenarnya akhirnya, pada awalnya mungkin enggak ada yang enggak bingung dengan keadaan,” kata Andien saat melakukan live Instagram di akun @milesfilms, Kamis (28/5/2020).

Sulitnya beradaptasi menerima keadaan yang berubah menjadi faktor utama masalah di tengah pandemi yang telah menyebar di hampir setiap daerah di Indonesia.

Sebab itu, menurut Andien hal pertama yang harus diperhatikan sebelum beradaptasi adalah memiliki kesadaran diri bahwa pandemi ini masalah yang cukup serius.

“Sebelum beradaptasi kita butuh aware dulu, ‘ada apa ini?’ what’s going on?” ujar Andien.

Setelah menyadari, kata Andien, proses selanjutnya adalah menerima agar bisa beradaptasi dengan yang berubah.

Aware dan prosesnya menerima, begitu menerima baru bisa observasi, baru bisa beradaptasi,” tuturnya.

Meskipun pada awalnya pasti merasa kebingungan, menurut Andien orang yang tetap bersyukur di tengah pandemi adalah mereka yang sudah melewati proses adaptasi tersebut.

“Jadi dari segala orang-orang semua yang gratefull yang bisa mengambil hikmah dari adanya ini pasti mereka melewati semua itu, ada proses bingungnya di awal,” ujar Andien.

Bagi Andien, karantina mandiri di rumah selain punya waktu lebih untuk keluarga, juga menjadi waktu yang tepat untuk fokus berkarier.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X