Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andien Aisyah Bagi Tips Beradaptasi di Tengah Pandemi Corona

Kompas.com - 28/05/2020, 14:05 WIB
Firda Janati,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyanyi Jazz Indonesia, Andien Aisyah Hardiyanti mempunyai tips agar tidak terlalu khawatir dan bingung di tengah pandemi corona atau Covid-19.

Menurut penyanyi kelahiran 25 Agustus 1985 ini wajar bila setiap orang awalnya kebingungan menerima keadaan yang berubah di tengah pandemi ini.

“Aku rasa sebenarnya akhirnya, pada awalnya mungkin enggak ada yang enggak bingung dengan keadaan,” kata Andien saat melakukan live Instagram di akun @milesfilms, Kamis (28/5/2020).

Sulitnya beradaptasi menerima keadaan yang berubah menjadi faktor utama masalah di tengah pandemi yang telah menyebar di hampir setiap daerah di Indonesia.

Sebab itu, menurut Andien hal pertama yang harus diperhatikan sebelum beradaptasi adalah memiliki kesadaran diri bahwa pandemi ini masalah yang cukup serius.

“Sebelum beradaptasi kita butuh aware dulu, ‘ada apa ini?’ what’s going on?” ujar Andien.

Setelah menyadari, kata Andien, proses selanjutnya adalah menerima agar bisa beradaptasi dengan yang berubah.

Aware dan prosesnya menerima, begitu menerima baru bisa observasi, baru bisa beradaptasi,” tuturnya.

Meskipun pada awalnya pasti merasa kebingungan, menurut Andien orang yang tetap bersyukur di tengah pandemi adalah mereka yang sudah melewati proses adaptasi tersebut.

“Jadi dari segala orang-orang semua yang gratefull yang bisa mengambil hikmah dari adanya ini pasti mereka melewati semua itu, ada proses bingungnya di awal,” ujar Andien.

Bagi Andien, karantina mandiri di rumah selain punya waktu lebih untuk keluarga, juga menjadi waktu yang tepat untuk fokus berkarier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com