Irwansyah 2 Kali Mangkir Sidang Kasus TPPU Wawan, Apa Alasannya?

Kompas.com - 27/05/2020, 20:14 WIB
Artis Irwansyah saat diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang oleh Tubagus Chaeri Wardana, Rabu (5/11/2014) Ambaranie Nadia K.MArtis Irwansyah saat diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang oleh Tubagus Chaeri Wardana, Rabu (5/11/2014)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum artis peran Irwansyah, Muhammad Zakir Rasyidin mengungkapkan alasan kliennya dua kali mangkir sidang kasus dugaan Tindak Pencucian Uang ( TPPU) dengan terdakwa adik mantan Gubernur Bantu Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.

Zakir mengatakan, Irwansyah mangkir lantaran pandemi Covid-19. 

"Dua kali dipanggil, tetapi tidak hadir karena masalah pandemi Covid-19, kan. Jadi dia harus bersurat dan meminta untuk diagendakan kembali," ucap Zakir saat dihubungi, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Besok, Irwansyah Jadi Saksi Kasus Dugaan TPPU Wawan

Kendati demikian, Zakir menegaskan, Irwansyah akan hadir sebagai saksi pada Kamis (28/5/2020) atas perkara tersebut.

"Iya betul, besok dipanggil sebagai saksi," kata Zakir.

Kehadiran Irwansyah ini, kata Zakir, sebagai bentuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang taat akan hukum.

Baca juga: Irwansyah dan Raffi Ahmad Saling Ungkap Masa Lalu

Wawan royal membagi-bagikan mobil mewah untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan juga para artis.

Dalam dakwaan, mobil-mobil tersebut diduga untuk menyamarkan pencucian uang yang dilakukan Wawan.

Sementara, nama-nama artis yang namanya sempat disebut-sebut dalam persidangan ada Jennifer Dunn, Catherine Wilson, Aima Diaz, Rebecca Reijman, Irwansyah, dan Reny Yuliana.

Baca juga: Irwansyah Sebut Nagita Slavina yang Terbaik Buat Raffi Ahmad

Jaksa membagi dugaan TPPU Wawan ke dalam dua dakwaan, yaitu periode 2005-2010 dam 2019.

Pada dakwaan pertama, Wawan didakwa melanggar Pasal 3 atau Pasal 4 Undang Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 65 Ayat 1 KUHP.

Pada dakwaan kedua, Wawan didakwa melanggar Pasal 3 Ayat 1 huruf a, c, dan g Undang Undang Nomor 25 Tahun 2003 Tentang Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 65 Ayat 1 KUHP.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X