Hamil dan Alami Darah Kental, Rachel Maryam Tidak Puasa demi Jabang Bayi

Kompas.com - 19/05/2020, 15:40 WIB
Rachel Maryam ditemui di gedung Trans, kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (16/5/2018). KOMPAS.com/IRA GITARachel Maryam ditemui di gedung Trans, kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (16/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bintang film sekaligus politikus Rachel Maryam memilih untuk tidak puasa di bulan Ramadhan tahun ini karena tengah hamil.

Di sisi lain, istri Edwin Aprihandono alias Edo ini juga mengalami darah kental.

Baca juga: Rachel Maryam Mengaku Sulit Hamil Salah Satunya karena Darah Kental

"Tahun ini aku tidak berpuasa demi bayi aku. Karena kalau berpuasa takutnya darahnya jadi kental lagi dan asupan untuk bayinya kurang," kata Rachel dikutip dari kanal YouTube Cumicumi, Selasa (19/5/2020).

Ia juga memikirkan kondisi jabang bayinya di dalam kandungan yang perlu kestabilan cairan ketuban.

Baca juga: Akhirnya Hamil Lagi Setelah Menanti 8 Tahun, Rachel Maryam Ucap Syukur

"Lagipula kan kalau orang lagi hamil itu, bayi di dalam butuh space air ketubannya harus cukup. Kalau kita kurang minum bisa jadi air ketubannya terlau sedikit, bayinya enggak leluasa bergerak, kayak ketekan gitu," jelas Rachel.

Dokter kandungan yang menangani perempuan berusia 40 tahun itu menyarankan untuk tidak puasa.

Baca juga: Setelah 3 Kali Jalani Program Bayi Tabung, Rachel Maryam Akhirnya Hamil di Usia 40 Tahun

"Jadi dokter memang juga menganjurkan enggak usah puasa," ucap Rachel.

Di bulan yang suci ini, Rachel mengatakan akan menggelar pengajian empat bulanan dengan cara sedikit berbeda.

"Mungkin kita akan melakukannya di pondok pesantren dan panti-panti yatim, tapi titip doa mereka melakukannya di tempat masing-masing," tutur Rachel.

Ini merupakan calon anak pertama Rachel dengan Edo setelah menikah pada 16 Desember 2011.

Rachel Maryam sebelumnya telah memiliki seorang anak bernama Muhammad Kale Mata Angin, hasil pernikahannya dengan Muhamad Akbar Pradana (Ebes).


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X