Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ashanty Sentil Perusahaan Beromzet Triliunan tapi PHK Karyawan

Kompas.com - 10/05/2020, 09:47 WIB
Rintan Puspita Sari,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyanyi dan pengusaha Ashanty, menyoroti banyaknya perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat terdampak corona (Covid-19).

Apalagi Ashanty yang juga memiliki banyak jenis usaha, sehingga dia juga bisa memahami posisi para pengusaha yang melakukan PHK.

"Perusahaan besar-besar, omset trilyunan, sebulan corona tutup!! PHK ribuan bahkan jutaan pegawai," tulis Ashanty di Instagram Story-nya @ashanty_ash, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (10/5/2020).

Baca juga: Ashanty Robek Surat Deposito Pemberian Suteng Sebelum Operasi Tumor Rahim

Tak ingin berat sebelah, karena itu Ashanty juga memaklumi keputusan para pengusaha itu.

Hanya saja, karena ini musibah bagi semua orang, semua lapisan masyarakat, Ashanty ingin mengetuk sedikit hati nurani para pengusaha.

"Kalau secara hati nurani, bisa kali yah, digaji aja pegawainya misal 50-70 persen kalau memang ditutup!! keluarin dulu lah uang tabungan owner-owner, toh mereka mau cari kerja di mana?" tulisnya.

Baca juga: Anang dan Ashanty di Rumah Saja, Arsy Khawatir Tak Bisa Bayar Biaya Sekolah

Ashanty berharap para pengusaha besar turut memikirkan nasib karyawannya yang kena PHK.

"Di tengah corona begini bisnis anda hanya kacau, tapi hidup tetep bahagia, tabungan tetep sampai 7 turunan, sedangkan manusia-manusia yang enggak kerja yang di PHK ini lebih kacau, harus mikir besok makan apa, sekolah anak gimana, bayar kontrakan gimana?" tulis Ashanty.

Ashanty kembali menegaskan bahwa apa yang menjadi sorotannya tersebut bukan untuk UMKM, melainkan perusahaan dengan omset miliaran.

"Kalau kitanya juga susah ya jangan memaksakan dong sayang tentunya kita mendahulukan keluarga kita makannya cukup, bisa sekolah, bisa berteduh, ini kan yang kacau yang milyarder-milyarder," tulis Ashanty mengomentari unggahan salah satu warganet.

Baca juga: Geram Foto Arsyi Terpajang di Akun Jual-Beli Anak, Ashanty: Gila Ya

Unggahan Ashanty tersebut lantas diunggah kembali di feed Instagram-nya, dan mendapat banyak komentar dari warganet yang terharu atas kepedulian Ashanty.

Seperti Fitri Salhuteru yang mengatakan bahwa tabungan para miliarder itu juga diperoleh dari tenaga karyawan.

"Saatnya tabungan yang berasal dari tenaga para karyawan juga menyelamatkan mereka," tulis Fitri di akun @fitri_salhuteru.

"Bener banget bun, aku aja kena PHK, padahal lagi hamil 6 bulan, jadi tambah berasa susah banget," tulis warganet.

"Bener bunda, seandainya semua bos-bos berfikirnya sama kayak bunda," tulis yang lain.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Semoga kita semua masih punya hati nurani, bukan hanya untung atau rugi berbisnis???????? semoga kebaca dan terketuk pintu hatinya????

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ashanty (@ashanty_ash) pada 9 Mei 2020 jam 9:46 PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com