Kompas.com - 07/05/2020, 06:54 WIB
YouTuber Gofar Hilman yang menggelar acara Ngobam (Ngobrol Bareng Musisi) bersama Didi Kempot di Wedangan Gulo Klopo, Kartosuro, Jawa Tengah, Minggu (14/7/2019) malam KOMPAS.com/RACHMAWATIYouTuber Gofar Hilman yang menggelar acara Ngobam (Ngobrol Bareng Musisi) bersama Didi Kempot di Wedangan Gulo Klopo, Kartosuro, Jawa Tengah, Minggu (14/7/2019) malam

JAKARTA, KOMPAS.com - Influencer dan penyiar radio Gofar Hilman menceritakan sosok Didi Kempot serta curahan hati sang legenda campursari tentang lagu-lagunya yang dinyanyikan tanpa meminta izin.

Dalam tayangan Trans TV berjudul "Curhatan Alm. Didi Kempot, Lagunya Banyak Dibawakan Tanpa Izin", Gofar Hilman mengungkap kesan hingga curahan hati (curhat) seorang Didi Kempot.

Curhat Didi Kempot

Melalui Gofar diketahui bahwa Didi Kempot sebenarnya sempat bingung dengan banyaknya orang yang meng-cover lagunya tanpa meminta izin.

"Salah satu curhatan Pakde Didi itu, dia bilang, 'dari semua lagu kok enggak ada yang minta izin ke saya ya'," ucap Gofar Hilman.

Padahal menurut Gofar, kalaupun meminta izin, Didi Kempot tidak akan menuntut atau meminta apa pun dari mereka.

Baca juga: Mengenang Didi Kempot, Gofar Hilman: Cuma Beliau yang Bikin Patah Hati Berjoget

Menurut Gofar Hilman, yang diinginkan Didi Kempot hanyalah etika seseorang saat membawakan lagu orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itu terlihat ketika Didi Kempot memberikan izin secara cuma-cuma ketika ada orang yang izin menyanyikan salah satu lagu miliknya tapi mengaku tak memiliki uang untuk membayar royalti.

"Dia (Didi Kempot) pernah cerita gini, ada penyanyi datang, cuma enggak punya duit. Lalu, Pakde Didi bilang, 'pakai saja, semoga lagu yang kamu cover bisa hasilin duit'," ungkap Gofar Hilman.

Permintaan Didi Kempot

Gofar juga mengungkap adanya keinginan Didi Kempot agar lagu-lagu ciptaannya dijaga sebagai sebuah warisan.

"Dia juga sempat minta lagunya dijagain sebagai warisan," ujar Gofar Hilman.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X