Gofar Hilman: Didi Kempot Minta Lagunya Dijaga sebagai Warisan

Kompas.com - 07/05/2020, 03:17 WIB
Gofar Hilman dan Didi Kempot dalam acara Ngobam di Wedangan Gulo Klopo, Kartosuro, Minggu (14/7/2019). Kompas.com/Luthfia Ayu AzanellaGofar Hilman dan Didi Kempot dalam acara Ngobam di Wedangan Gulo Klopo, Kartosuro, Minggu (14/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi campursari Didi Kempot sempat menitipkan sebuah pesan semasa hidupnya kepada orang sekitar.

Hal ini diungkapkan oleh influencer dan penyiar radio Gofar Hilman dalam video di channel YouTube Trans TV Official berjudul "Curhatan Alm. Didi Kempot, Lagunya Banyak Dibawakan Tanpa Izin" yang tayang, Selasa (5/5/2020).

Baca juga: Didi Kempot Pernah Curhat ke Gofar Hilman, Bicara soal Cover Lagu

Kata Gofar, pelantun "Suket Teki" ini meminta lagu-lagu dijaga baik-baik untuk menjadi sebuah warisan di kemudian hari.

"Dia juga sempat minta lagunya di jagain sebagai warisan," ujar Gofar.

Menurut Gofar, Didi Kempot sendiri tak pernah keberatan apabila lagu-lagu miliknya di-cover oleh orang lain. Hanya saja, ia mengingatkan untuk tak lupa meminta izin.

Baca juga: Gofar Hilman: Saya kalau Mau Sombong Malu Sama Didi Kempot

Kata Gofar, Didi Kempot tak akan meminta apa pun, hanya sebatas etika dalam menyanyikan karya orang lain.

"Kalau saya lihat, ya, dia itu enggak masalah soal materi, tapi lebih gimana dateng ke dia minta izin, dia juga enggak masalah," ucap Gofar.

Selain itu, hal senada juga dilontarkan oleh pengamat musik Bens Leo.

Baca juga: Gofar Hilman Sebut Didi Kempot Bikin Orang Sukaria meski Sedang Sakit Hati

Dalam acara Sapa Indonesia Malam dipandu Aiman Witjaksono yang tayang di KOMPAS TV, Selasa (5/5/2020), Bens Leo mengatakan, orang-orang terdekat Didi Kempot, baik keluarga, sahabat dan manajemen punya pekerjaan rumah selepas kepergian Didi Kempot.

Pekerjaan rumah itu adalah mengarsipkan ratusan lagu milik Didi Kempot, baik secara hak cipta dan hak waris royaltinya agar tak salah digunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Baca juga: Profil Gofar Hilman, Penyiar Radio yang Lejitkan Nama Didi Kempot di Kaum Milenial

"Iya kalau sepengetahuan saya kan dia punya sekitar 700-800 lagu sepanjang kariernya, dan yang hit mungkin hanya 100an, nah ini jadi PR untuk mengarsipkannya karena ini warisan kekayaan intelektual beliau semasa hidup," ucap Bens Leo.

Didi Kempot meninggal dunia pada hari ini Selasa (5/5/2020) akibat henti jantung.

Selama berkarya sejak awal era 80an yang dimulai sebagai pengamen, Didi Kempot total sudah mengeluarkan 26 album dan ratusan singel. Total sebanyak sekitar 800 lagu telah dihasilkan Didi Kempot.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X