Lulusan Desain Produk Industri, Pandji Pragiwaksono: Saya Melawak Pakai Ilmu Pemasaran

Kompas.com - 04/05/2020, 17:28 WIB
Artis peran Pandji Pragiwaksono berkunjung ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019) dalam rangka promo film Mendadak Kaya. KOMPAS.com/IRA GITA NATALIA SEMBIRINGArtis peran Pandji Pragiwaksono berkunjung ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019) dalam rangka promo film Mendadak Kaya.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Di balik kemampuan melawaknya di panggung, Pandji Pragiwaksono ternyata merupakan lulusan jurusan Desain Produk Industri.

Pandji tercatat sebagai mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan tahun 1997.

Ketika ditanya apakah ilmunya di perkuliahan terpakai untuk kariernya sekarang, ini penjelasan Pandji.

Baca juga: Korban Bully sejak SMP, Pandji Pragiwaksono: Komedi Melindungi Gue

"Ada sih sebenarnya karena gue (jurusan) desain produk industri," kata Pandji dalam video di kanal YouTube CGV Kreasi, dikutip Kompas.com, Senin (4/5/2020).

Pandji mengatakan, lulusan jurusan desain produk saja maka akan bekerja di perusahaan desain atau menjadi pebisnis.

"Kalau desain produk itu jatuhnya jadi entrepreneur atau kerja di firma desain, tapi kalau desain industri itu kerjanya di pabrik untuk kebutuhan industrial," jelas Pandji.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono Buat Pengakuan soal Arie Kriting, Luna Maya Terkejut dan Tutup Mulut

Pandji mengaku selama di perguruan tinggi dia mempelajari ilmu pemasaran yang kini bisa di terapkannya dalam dunia lawak.

"Karena gue belajarnya di desain produk industri, gue tuh diajarin soal mempelajari market, melihat peluang pada pasar, terus bikin presentasi produk. Prinsip-prinsip ini kepakai mulu dalam (melawak)," ujarnya.

Bapak dua anak ini juga merasa latar belakang pendidikannya sangat membantu dalam karier komediannya.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono Sempat Panik Saat Istrinya Alami Gejala Covid-19

"Bahkan kalau dipikir-pikir mungkin bedanya gue dengan stand up comedian lain adalah yang lain enggak belajar industri, enggak belajar pemasaran," ucap Pandji.

"Karena saya belajar pemasaran dan saya bisa melawak, makanya lumayan laku," imbuhnya berkelakar.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X