Kompas.com - 01/05/2020, 20:35 WIB
Nyanyi Sunyi Revolusi, pementasan ini mengangkat kisah hidup seorang penyair besar Indonesia, Amir Hamzah yang dipentaskan pada 2 dan 3 Februari 2019 di Gedung Kesenian Jakarta. Dalam kesempatan ini artis peran Lukman Sardi berperan sebagai Amir Hamzah. Titimangsa FoundationNyanyi Sunyi Revolusi, pementasan ini mengangkat kisah hidup seorang penyair besar Indonesia, Amir Hamzah yang dipentaskan pada 2 dan 3 Februari 2019 di Gedung Kesenian Jakarta. Dalam kesempatan ini artis peran Lukman Sardi berperan sebagai Amir Hamzah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara Nonton Teater di Rumah Aja terus berlanjut untuk menemani masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Pada akhir pekan ini, Bakti Budaya Djarum Foundation akan menghadirkan pertunjukan teater Nyanyi Sunyi Revolusi.

Pertunjukan yang mengangkat kisah hidup penyair besar, Amir Hamzah ini dapat disaksikan pada Sabtu, 2 Mei dan Minggu, 3 Mei pukul 14.00 WIB di website www.indonesiakaya.com serta akun YouTube IndonesiaKaya.

Baca juga: Jangan Lupa, Hari Ini Pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad Dapat Ditonton Secara Daring

"Perjalanan hidup Amir Hamzah, kisah cinta, dan perjuangan terhadap negara penuh ironi dan tragedi. Namun, semua ini tidak sedikitpun mengurangi rasa cintanya kepada tanah air sehingga akhirnya namanya diangkat sebagai pahlawan nasional," kata Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasara Adrian, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (1/5/2020).

Pertunjukan Nyanyi Sunyi Revolusi yang ditayangkan ini, merupakan rekaman dari pementasan yang ditayangkan pada 2 dan 3 Februari 2019 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). 

Baca juga: Temani Masa WFH, Kini Kamu Bisa Menonton Teater di Rumah Aja

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Amir Hamzah merupakan salah satu keluarga bangsawan Melayu Kesultanan Langkat, sebuah kerajaan yang pada masa Hindia Belanda terletak di Sumatera Timur.

Lewat kumpulan puisinya Nyanyi Sunyi (1937) dan Buah Rindu (1941) memposisikan nama Amir Hamzah sedemikian penting dalam kesusastraan Indonesia.

"Selain sebagai penyair, Amir Hamzah juga punya peran besar dalam lahirnya republik. Ia aktif dalam berbagai perkumpulan pemuda yang menyuarakan kesadaran nasionalisme melawan kolonialisme Belanda," ujar Happy Salma.

Baca juga: Keseruan 40 Teman Netra Nonton Film NKCTHI di Teater Bisik

"Meski demikian berprestasi, jalan hidup Amir sesungguhnya sangat tragis. Kesedihan cinta yang diputuskan oleh politik kolonial yang bersembunyi di balik adat, juga kematiannya yang menyedihkan di tengah revolusi kemerdekaan,” kata Happy Salma. 

Naskah pementasan ini ditulis oleh Ahda Imran, penyair yang juga dikenal menulis sejumlah naskah panggung.

Pementasan yang disutradarai Iswadi Pratama dari Teater Satu Lampung ini menghadirkan para pemain yang sangat berdedikasi dan ingin terus menantang dirinya untuk berkembang dalam keaktorannya.

Baca juga: Cerita Rio Dewanto Jajal Panggung Teater Monolog

Lukman Sardi berperan sebagai Amir Hamzah, Prisia Nasution berperan sebagai Tengku Tahura.

"Bagi saya, sosok Amir Hamzah memberikan pelajaran yang sangat berarti, bagaimana seseorang yang seumur hidupnya mempertahankan rasa cinta dan memaafkan di tengah hasrat membenci yang sangat kuat," kata Lukman Sardi.

Sebelum menyaksikan lakon Nyanyi Sunyi Revolusi, penikmat seni juga dapat mengetahui lebih lanjut mengenai pementasan ini dengan Lukman Sardi pemeran Amir Hamzah melalui live chit-chat yang dapat disaksikan melalui akun Instagram @indonesia_kaya pada Jumat, 1 Mei 2020 pukul 16.00 WIB. 


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X