Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daniel Mananta: Suka Khawatir Orang Enggak Suka Lagi Sama Gue

Kompas.com - 30/04/2020, 20:58 WIB
Melvina Tionardus,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berbincang bersama pemandu acara Daniel Mananta, motivator Merry Riana mengatakan, salah satu pelajaran penting dalam kehidupan adalah belajar mengatakan "tidak" alias menolak.

"Kita harus tahulah kapan kita mengatakan 'tidak', karena enggak semuanya harus kita iyain. Maksudnya ajakan-ajakan yang enggak baik, sesuatu hal yang negatif, sesuatu yang tidak produktif," ujar Merry Riana dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (30/4/2020).

Baca juga: Daniel Mananta kepada Ari Lasso: Seberapa Stres Lo Sama Covid-19?

"Bahkan sebanarnya ada dua hal yang baik pun, ya kita sometimes harus memilih to say no on the other one, to get a better one," sambung Merry Riana.

Daniel Mananta menyetujui saran Merry Riana.

Ia mengaku, selama ini ia sering kesulitan untuk mengucap tidak karena sungkan.

Baca juga: Daniel Mananta Cerita Kompaknya Bareng Istri Raih Mimpi

"Gue belajar how to say no baru-baru ini sih to be honest. Itu gila banget sih gara-gara gue orangnya enggak enakan banget, dan gue orangnya kayak suka khawatir kalau orang enggak suka lagi sama gue," ungkap Daniel Mananta.

Setelah mencoba untuk menghilangkan rasa sungkan, Daniel menyebut itu merupakan pelajaran terbesar yang dirasakannya.

Baca juga: Daniel Mananta: Gue Sama Istri Suka Banget Ngobrol tentang Mimpi Kita

"Akhirnya baru-baru ini gue berani ngomong no and it's the biggest lesson that I learn. Apalagi kan kita hidup di Indonesia dengan budaya yang sangat semuanya serba 'oke', enggak enakan gitu kan," tutur Daniel.

Merry Riana melanjutkan, ketika mengatakan tidak pada sesuatu sebenarnya kita sedang memperjuangkan sesuatu lain yang lebih penting.

Baca juga: Daniel Mananta dan Ari Lasso, Sering Bersitegang tetapi Ngefans dan Curhat Bareng

"Contohnya, kita mengiyakan banyak hal. Padahal sebenarnya kita juga tahu itu akan mengorbankan hal-hal lain yang juga penting dalam hidup mungkin keluarga, studi, prime time," ucap Merry Riana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com