Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Cynthia Lamusu Ingin Mundur dari Dunia Tarik Suara dan Fokus Urusi Anak Kembar

Kompas.com - 23/04/2020, 10:42 WIB
Melvina Tionardus,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Personel grup vokal B3, Cynthia Lamusu pernah melewati penantian panjang selama 7 tahun lebih untuk dikaruniai buah hati.

Akhirnya, Cynthia bersama sang suami, Surya Saputra mendapat anugerah bayi kembar bernama Tatjana dan Bimasena yang lahir pada 20 November 2016.

Namun, Cynthia Lamusu harus menghadapi tantangan lainnya. Kedua anaknya lahir dalam kondisi prematur.

Saat berbincang dengan Tommy Prabowo, Cynthia Lamusu ceritakan bagaimana perjuangannya melahirkan dan merawat dua buah hatinya, sebagai berikut.

Baca juga: Cynthia Lamusu Maknai Usia 42 Tahun dengan Bersyukur

Perawatan intensif setelah bayinya dilahirkan

Cynthia Lamusu kilas balik pada saat persalinannya. Merasa bahagia, ia dihadapkan pada kenyataan pahit saat kedua buah hatinya harus menjalani perawatan intensif.

"Jadi waktu pas begitu hadirnya Tatjana-Bima, itu diuji lagi. Kelahiran saya enggak normal karena mengalami preeklamsia (komplikasi kehamilan yang ditandai dengan hipertensi dan tanda kerusakan organ seperti ginjal)," kata Cynthia Lamusu dalam obrolannya bersama Tommy Prabowo di Instagram Live, Selasa (21/4/2020) malam.

Bahkan, Cynthia mengungkapkan, salah satu buah hatinya harus menjalani perawatan intensif selama lebih dari satu bulan.

"Kemudian masuk di MICU (medical intensive care unit), prematur, Bima (dirawat) itu satu bulan tiga hari, Tatjana dua minggu. Waduh itu benar-benar rasanya tuh kayak kita naik jet coster ya pada saat itu," ujar Cynthia.

Baca juga: Doa Cynthia Lamusu di Ulang Tahunnya Ke-42, Sabar Hadapi Cobaan di Tahun Ini

Pernah ingin mundur dari dunia tarik suara

Kemudian, Cynthia Lamusu mengaku pernah mengalami pergolakan batin dan berpikir untuk mundur dari dunia tarik suara.

Ditambah lagi kehadiran Tatjana dan Bimasena, semakin menguatkan sinyal baginya untuk berhenti menjadi penyanyi.

"Jadi saya waktu itu menerimanya, 'Jangan-jangan aku dikasih anak akhirnya di umur sekian. Aku kan ngalamin tuh dari masa muda cari duit, menikmati karier, jangan-jangan cukup kali ya. Jangan-jangan emang aku disuruh berhenti nyanyi. Terus ya sudah ngurus anak-anak ini aja karena ini satu tanggung jawab, kepercayaan yang Allah kasih ke aku'," ungkap Cynthia.

Baca juga: Alami Pergolakan Batin, Cynthia Lamusu Pernah Berpikir Tinggalkan Dunia Tarik Suara

Lima bulan tidak terima tamu, konsentrasi mengurus anak

Terlebih lagi, perempuan kelahiran 12 April 1978 ini, harus memberikan perhatian lebih kepada anaknya yang lahir prematur.

"Jadi pas anak-anak pulang rumah itu, saya lima bulan enggak terima tamu karena kan bayi prematur beda penanganannya. Dan waktu pulang rumah tuh kecil-kecil banget kayak botol minuman. Bima itu cuma 1,3 kg, Tatjana 2,1 kg," ucap Cynthia Lamusu.

Menurut Cynthia, seluruh waktunya diabdikan untuk memperhatikan dan memastikan kedua buah hatinya bertumbuh besar dengan sehat.

"Mandi saja sehari sekali sudah bagus. Benar-benar bagaimana konsen menjaga anak-anak ini. Ada momen-momen saya tuh ngelihatin mereka masih napas enggak ya, karena bayi prematur banyak yang mengalami gagal napas," kata Cynthia.

Baca juga: Profil Cynthia Lamusu, Pencipta Lagu Karena Dirimu untuk Siti Nurhaliza

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com