Masuk Trimester Ketiga, Andien Menanti Kelahiran Anak Kedua

Kompas.com - 22/04/2020, 06:13 WIB
Penyanyi Andien Aisyah mengunggah foto bersama anak dan suaminya di Disneyland Hong Kong. Instagram/@andienaisyahPenyanyi Andien Aisyah mengunggah foto bersama anak dan suaminya di Disneyland Hong Kong.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah kini menikmati masa kehamilannya yang sudah memasuki trimester ketiga.

Ia bersiap menanti kelahiran buah hati keduanya bersama sang suami, Irfan Wahyudi.

Dia lalu mengenang proses menyusui putra pertamanya, Anaku Askara Biru, yang penuh perjuangan.

Baca juga: Andien: Glenn Fredly Jarang Memikirkan Diri Sendiri

Menurut Andien, perjuangan indah ini menurut dia akan terulang kembali pada anak keduanya.

"Sekarang aku masuk trimester ketiga. Aku cinta sama proses menyusui walau awalnya mengalami perjuangan dalam proses menyusui. Kayaknya proses indahnya akan terulang kembali," tutur Andien dalam sesi tanya jawab bersama aktris Dian Sastrowardoyo secara virtual, Selasa (21/4/2020), seperti dikutip dari Antara.

Ibu menyusui, menurut Andien, perlu keras kepala (tidak menyerah) agar ASI-nya lancar dan bayi mendapatkan asupan ASI sesuai anjuran para ahli kesehatan.

Baca juga: Glenn Fredly Meninggal, Andien: Air Mataku Enggak Berhenti Menetes

Di sisi lain, suami harus disiplin mendukung istri menyusui.

"Ibunya harus keras kepala, ayahnya juga, disiplin perlu banget saat menyusui, semangat menyusui sampai dua tahun. Jangan pernah menyerah kasih yang terbaik, yakin setiap ibu bisa menyusui," tutur Andien.

Selama hamil, Andien mengaku melakukan beberapa hal yang tiba-tiba dia lakukan secara rutin, yakni menulis jurnal perasaan dan mimpi tiap hari.

Baca juga: Rekaman Saat Hamil, Andien: Justru Rasanya Jadi Double-double

Kemudian, menulis lima hal yang disyukuri setiap malam sebelum tidur.

Lalu, meditasi di pagi hari dan di malam hari, lebih banyak mengonsumsi makanan berbasis tanaman, melakukan briskwalking 6000 langkah per hari, dan seminggu sekali menantang diri melakukan hal positif yang belum pernah dilakukan sebelumnya.


Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X