Cerita Kimo Stamboel Bikin Film Horor Berbekal Handycam

Kompas.com - 21/04/2020, 22:19 WIB
Sutradara Kimo Stamboel saat wawancara promo film DreadOut di Menara Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Rabu (12/12/2018). Film yang bergenre horor ini diangkat dari sebuah game buatan developer lokal Indonesia yaitu Digital Hapiness. Film ini akan segera tayang pada 3 Januari 2019 mendatang. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELISutradara Kimo Stamboel saat wawancara promo film DreadOut di Menara Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Rabu (12/12/2018). Film yang bergenre horor ini diangkat dari sebuah game buatan developer lokal Indonesia yaitu Digital Hapiness. Film ini akan segera tayang pada 3 Januari 2019 mendatang.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum sesukses sekarang, ternyata sutradara Kimo Stamboel juga pernah membuat film dengan alat seadanya.

Pada saat itu, Kimo baru saja pulang ke Indonesia usai menempuh pendidikan di luar negeri.

Film horor yang ia buat berjudul "Bunian" pada tahun 2004.

Dalam film ini, Timo Tjahjanto terlibat sebagai kameramen.

Baca juga: 5 Fakta Film Ratu Ilmu Hitam, Karya Duet Joko Anwar dan Kimo Stamboel

Pengalaman ini disampaikan Kimo dan Timo kepada Joko Anwar lewat podcast milik Joko Anwar yang disiarkan pada Senin (20/4/2020).

"Waktu itu syutingnya tahun 2002-2003 ya. Iya syutingnya weekend doang di Australia, dan cuma pakai handycam," ucap Kimo.

Alasan Kimo membuat film Bunian karena pada saat itu ramai film independen dari berbagai genre bermunculan.

Baca juga: Kimo Stamboel Merasa Tegang Kerja Bareng Joko Anwar

"Dan karena waktu itu lagi ramai independen sama Mouly Surya, kita bikin juga tuh," ucap Kimo.

Sementara, Timo Tjahjanto mengatakan, pada saat film Bunian dibuat, ia tengah menjadi seorang freelancer dan memutuskan untuk menjadi kameramen dalam film tersebut.

"Waktu Bunian di bikin gue emang lagi jadi freelancer, dan setiap kali mau selesaikan edukasi gue enggak tahu kenapa itu susah, waktu itu Kimo dengar ada orang Indonesia yang ternyata punya Canon XL1, sedangkan waktu itu Kimo syutingnya pake Sony Handycam," tutur Timo.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X