Sutradarai Film POSI(+)IF, Atiqah Hasiholan Ingin Hapus Stigma Negatif Terkait ODHA

Kompas.com - 20/04/2020, 11:02 WIB
Aktris Atiqah Hasiholan saat promo film Mantan Manten di Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Rabu (3/4/2019). Mantan Manten dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 4 April 2019 mendatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOAktris Atiqah Hasiholan saat promo film Mantan Manten di Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Rabu (3/4/2019). Mantan Manten dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 4 April 2019 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Atiqah Hasiholan melakukan debut penyutradaraan lewat sebuah film pendek yang berjudul POSI(+)IF.

Film tersebut merupakan sebuah kerja sama antara UNAIDS Indonesia dan Visinema Group.

1. Tujuan pembuatan

Atiqah Hasiholan mengungkapkan tujuan utama dari pembuatan film pendek POSI(+)IF. Lewat film tersebut, ia memiliki misi untuk menghapus stigma negatif masyarakat terkait ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS).

Baca juga: Atiqah Hasiholan Dibuat Tak Bisa Tidur Jadi Sutradara di Film POSI(+)IF

"Pada proses penulisan, gue mikirin caranya orang-orang tidak menstigma HIV/AIDS, tidak menghakimi orang ODHA," seperti dikutip Kompas.com dalam tayangan Instagram Visinema.

Istri Ria Dewanto ini melihat bahwa YouTube bisa menjadi medium paling pas untuk menyampaikan pesan yang ingin ia sebarkan.

Oleh sebab itu, Atiqah Hasiholan setuju untuk menyutradarai film POSI(+)IF untuk kemudian ditayangkan di YouTube.

Baca juga: Pandemi Corona, Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto Bikin Aturan Khusus di Rumah

"Nah, menurut gue cara paling efektif, apalagi dengan adanya YouTube, penyampaiannya lewat film pendek," kata Atiqah.

2. Alasan pemilihan Oka Antara

Oka Antara mendapat kesempatan langka karena dipilih menjadi aktor utama dalam debut penyutradaraan Atiqah Hasiholan.

Pilihan dijatuhkan kepada Oka Antara lantaran Atiqah Hasiholan membutuhkan seorang aktor yang memiliki mata sendu.

Baca juga: Atiqah Hasiholan Ungkap Alasan Pilih Oka Antara Jadi Pemain Utama Film POSI(+)IF

Bagi Atiqah, mata Oka Antara bisa ia gunakan dengan sangat baik untuk merepresentasikan apa yang ada dalam cerita filmnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X