Kompas.com - 16/04/2020, 17:54 WIB
Vokalis grup band dMasiv, Rian Ekky Pradipta, diabadikan usai jumpa pers bersama anak-anak penderita kanker di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (20/1/2016). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNGVokalis grup band dMasiv, Rian Ekky Pradipta, diabadikan usai jumpa pers bersama anak-anak penderita kanker di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (20/1/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menerima kiriman album solo Suho EXO bertajuk Self-Portait, vokalis band D'MASIV, Rian Ekky Pradipta, mengambil pelajaran penting.

Menurut Rian, album tersebut dikemas sangat bagus sehingga bisa menjadi referensi dalam memproduksi album D'MASIV ke depannya.

"Bagus, bagus banget. Ini bisa jadi referensi juga nih bikin album niat banget," kata Rian dalam video akun YouTube-nya, Kamis (16/4/2020).

Baca juga: Unboxing Paket dari SM Entertainment, Rian DMASIV: Resmi Ya Gue Jadi Fans EXO

Sebab, menurut Rian, industri musik Korea bekerja sangat serius dan detail dalam menggarap sebuah karya.

"Gue akhirnya mengerti bahwa Korea itu kalau bikin sesuatu enggak main-main, dipikirin banget sampai packaging albumnya. Itulah mengapa musisi Korea bisa semaju itu karena memang dia enggak setengah-setengah ya," ucap Rian.

Saat melihat-lihat isi album tersebut, Rian juga terpanah pada bagian credit title yang sangat lengkap, mulai dari produser musik sampai pengisi suara drumnya.

Baca juga: Rian DMASIV Salah Sebut Nama, EXO-L Indonesia: Mau Ngakak Sama Nangis

Rian mengatakan, hal tersebut sangat penting sehingga semua orang dapat mengetahui orang-orang yang ikut campur tangan dalam produksi sebuah musik.

"Memang harusnya perlu sekali ya mencatutkan credit title siapa saja yang terlibat dalam album biar tahu musik sekeren itu dari mana, siapa yang aransemen, dan sebagainya," ujar Rian.

Adapun, Rian mendapat paket kiriman langsung dari agensi EXO di Korea, SM Entertainment pada 13 April.

Baca juga: Senyum Rian DMASIV Dapat Kiriman Merchandise EXO

"Sebuah kebanggaan juga bisa dikirimin album terbarunya Suho," kata Rian.

Hal tersebut bukan tanpa alasan.

Rian menuturkan mengagumi lagu Suho dari album tersebut yang berjudul Let's Love.

Rian bersama D'MASIV akhirnya menyanyikan ulang lagu itu untuk menepati janji atas pencapaian jumlah 100.000 followers Twitter-nya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X