KPI Tegur Jalan Batin Ningsih Tinampi karena Dianggap Tak Mendidik

Kompas.com - 16/04/2020, 16:31 WIB
Pengobatan alternatif yang dijalankan Ningsih Tinampi IstimewaPengobatan alternatif yang dijalankan Ningsih Tinampi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan sanksi terhadap salah satu program siaran yang tayang di ANTV, Jalan Batin Ningih Tinampi, karena dianggap tidak pantas ditonton anak-anak. 

Program tersebut dinilai telah melanggar aturan dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

Melalui akun media sosial dan laman resmi KPI Pusat, KPI menjelaskan alasan mereka melayangkan sanksi adminsitratif terhadap tayangan tersebut pada 7 April 2020.

Baca juga: Keberatan Ditolak, KPI Pusat Hentikan Tayangan Brownis 4 Hari

Program yang dimaksud telah menayangkan adegan dokumentasi asli praktik terapi Ningsih Tinampi.

Di mana di dalamnya terdapat seorang wanita kesurupan dan adegan Ningsih Tinampi berkomunikasi dengan makhluk gaib melalui perantara tubuh pasien.

Adegan tersebut tayang pada 17 Maret 2020 pukul 07.23 WIB.

Baca juga: KPI Jatuhkan Sanksi untuk Acara Pagi Pagi Happy Trans TV

Bahkan, KPI Pusat juga menemukan muatan serupa pada pukul 08.31 WIB dan 08.38 WIB.

Upaya penyamaran wajah pasien yang dilakukan stasiun televisi tersebut tetap dianggap tidak mengurangi nilai kepantasan suatu program yang tayang di jam ramah anak.

"Adegan tersebut tidak memberi pelajaran yang pantas dan mendidik untuk disaksikan anak yang pada saat ini sedang belajar dari rumah karena pandemi corona," kata Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/4/2020). 

Baca juga: KPI Tegur Tayangan Karma Balik karena Tampilkan Ritual Menyesatkan

Menurut Mulyo, adegan tersebut telah mengabaikan dan melanggar enam pasal di P3SPS terkait perlindungan anak dan remaja serta penggolongan program siaran.

"Kami menekankan bahwa program siaran dengan klasifikasi R dilarang menampilkan muatan yang mendorong remaja percaya pada kekuatan paranormal, klenik, praktik spiritual magis, supranatural, dan atau mistik," ujar Hadi. 

Atas sanksi ini, Mulyo meminta ANTV segera melakukan perbaikan internal pada program Jalan Batin Ningsih Tinampi agar kesalahan dan pelanggaran yang sama tak terulang.

KPI juga meminta ANTV agar menjadikan P3SPS sebagai acuan sebelum menayangkan sebuah program siaran.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X