Kompas.com - 16/04/2020, 11:00 WIB
Film Kadet 1947. Film Kadet 1947.Film Kadet 1947.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Baskara Mahendra mengaku awalnya sangat penasaran dengan cerita sejarah dibalik film KADET 1947 yang dia bintangi.

Film ini menceritakan perjuangan para kadet (taruna) angkatan udara yang melakukan aksi pengeboman pertama dalam upaya mempertahankan kemerdekaan bangsa kala Agresi Militer Belanda I di tahun 1947.

"Kalau gue berperan sebagai Sutardo atau biasa dipanggil Sigit, salah satu kadet," kata Baskara Dalam jumpa pers virtual film KADET 1947 pada Rabu (16/4/2020).

Baca juga: Main film KADET 1947, Samo Rafael Banyak Diskusi dengan Ayahnya

"Jadi pertama gue dengan project ini tentunya gue penasaran sama cerita aslinya. Kayak gue pas belajar sejarah dulu belum pernah dengar," lanjutnya.

Bintang film Bebas itu mengaku cukup merasa mengalami kesulitan dalam mendalami kehidupan di zaman tersebut.

Baskara dan pemain lain pun mendapatkan waktu tiga hari untuk belajar tata krama, cara bicara hingga disiplin militer era 1947.

Baca juga: Deretan Aktor dan Aktris Millenials Bintangi Film KADET 1947, Siapa Saja?

"Pasti susah sih, susah banget. Apa lagi ini sejarah yang terjadi di Yogya bagaimana caranya tidak menghilangkan esensi orang Yogja, itu masih nyari terus 1947 nya kayak apa," tutur Baskara.

"Mungkin yang banyak yang akhirnya kita obrolin, kita bayangin karakter orang-orang di tahun 1947 kan beda banget tuh, kita lumayan banyak diskusi apakah semuanya sudah seragam. Akhirnya kita dapat karantina juga 3 hari," tambahnya.

Film yang disutradarai sekaligus ditulis oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia ini mengisahkan perjalanan tujuh orang pemuda kadet yang melakukan serangan udara ke tentara Belanda di beberapa wilayah yang diduduki saat itu, yaitu Ambarawa dan Semarang.

Baca juga: KADET 1947, Film Berlatar Sejarah yang Usung Semangat Jiwa Muda

Dengan segala keterbatasan peralatan dan senjata, mereka berhasil melaksanakan serangan balik atas Agresi Militer Belanda I pasca pelanggaran Perjanjian Linggarjati oleh Belanda.

Selain Baskara, film ini juga didukung oleh deretan nama pemain lain di antaranya Kevin Julio, Ajil Ditto, Samo Rafael, Wafda Saifan, Fajar Nugra, Chicco Kurniawan, Andri Mashadi dan Luthesa.

Ada pula Ario Bayu, Ibnu Jamil, Ramadan Al Rasyid, dan masih banyak lagi.

KADET 1947 rencananya akan kembali memulai proses produksinya pada bulan Juni 2020 mendatang karena pandemi Covid-19.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X