Tompi Bicara Corona: Tolong Jangan Mudik dan Saran untuk Ojek Online

Kompas.com - 08/04/2020, 10:11 WIB
Tompi ajak masyakarat bahu membahu atasi dampak wabah virus corona di Tanah Air YouTube Helmy Yahya BicaraTompi ajak masyakarat bahu membahu atasi dampak wabah virus corona di Tanah Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi sekaligus dokter Tompi memperhatikan betul bagaimana perkembangan wabah virus corona di dalam negeri.

Tompi pun memiliki beberapa pendapat yang disampaikannya dalam obrolan bersama Helmi Yahya dalam video YouTube berjudul "Maksa Mudik Lebaran Bisa Menjadi Bencana Besar", Selasa (7/4/2020).

Tolong, jangan mudik

Menurut Tompi, melarang mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman bukan sesuatu yang mudah dengan segala karakter masyarakat Indonesia.

Baca juga: Tompi: Daripada Menggerutu soal Corona, Lebih Baik Bahu-Membahu

"Tapi tolonglah saudara-saudara kita di luar sana, mau tidak mau mungkin saat ini kita harus mengalah. Tidak mudik adalah pilihan paling bijaksana saat ini," Tompi mengingatkan.

Ia sangat khawatir jika masyarakat masih tetap mudik, penyebaran virus tersebut semakin tidak terkontrol.

Terlebih, jumlah rumah sakit, ranjang perawatan, ruang ICU dan tenaga medis masih kekurangan di sejumlah daerah Indonesia.

Baca juga: Ambil Hikmah dari Pandemi Corona, Iwan Fals: Kesempatan Komunikasi dengan Keluarga

Daripada menggerutu, lebih baik bahu-membahu

Menurutnya, semua masyarakat harus berperan aktif meskipun tidak membantu secara langsung.

"Daripada kita menggerutu, lebih baik kita bahu membahu untuk berbuat sesuatu. Sudah ngebantu kagak, jangan ngerecokin," kata Tompi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X