Nasib Produksi Sinetron Religi di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 06/04/2020, 19:50 WIB
Dude Harlino dan istrinya, Alyssa Soebandono, di MNC Tower, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (13/12/2016). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNGDude Harlino dan istrinya, Alyssa Soebandono, di MNC Tower, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (13/12/2016).
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Industri film sudah lebih dulu terkena dampak wabah virus corona ( Covid-19). Hal yang bisa jadi akan menimpa sinetron- sinetron religi yang tayang setiap bulan Ramadhan bila situasi tak kunjung membaik.

Semua rumah produksi telah menghentikan proses syuting sesuai imbauan pemerintah untuk berdiam diri dan bekerja dari rumah untuk menekan tingkat penyebaran COVID-19.

Dalam situasi normal, saat ini rumah produksi sedang menggarap episode demi episode serial televisi bergenre religi yang khusus ditayangkan selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Pandemi Corona, Rumah Produksi Kalang Kabut Tuntaskan Drama Religi Ramadhan

Namun wabah Covid-19 mengubah drastis pola kerja sebagian besar orang.

Ada perusahaan yang menerapkan pola kerja di rumah, ada juga yang memberlakukan pola shift sehingga jumlah orang yang berkumpul di satu tempat bisa dikurangi.

Namun rumah produksi punya gaya kerja yang berbeda. Proses syuting melibatkan banyak kru dan pemain dalam jumlah besar di satu tempat.

Baca juga: Asri Welas Tunda Syuting 3 Film karena Wabah Corona

"Kita tidak bisa work from home karena kita bekerja secara kolektif, bekerja bersama-sama," kata Chand Parwez Servia, produser dan pemilik rumah produksi Kharisma Starvision Plus kepada ANTARA, Senin (6/4/2020).

Dua produksi judul sinetron khusus Ramadhan yang telah disiapkan harus ditunda meskipun belum rampung karena syuting dihentikan.

Satu judul sinetron sudah setengah rampung, satu lagi masih di tahap awal produksi. Jumlah episode yang selesai pun baru sedikit.

Baca juga: Dude Harlino: Karantina Wilayah Harus Dipersiapkan Secara Matang

Dia hanya bisa berdoa, berharap, dan menunggu apa yang akan terjadi untuk menentukan langkah berikutnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X