Cerita 3 Selebritas Indonesia Membuat dan Bagikan Masker Kain untuk Cegah Corona

Kompas.com - 06/04/2020, 08:04 WIB
Ivan Gunawan, Soimah, dan Agni Pratistha. Kolase Foto Kompas.comIvan Gunawan, Soimah, dan Agni Pratistha.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis membuat banyak orang awam akhirnya memikirkan berbagai alternatif untuk melindungi diri mereka dengan bahan yang ada.

Seperti ketika sarung tangan karet yang diganti dengan sarung tangan plastik ataupun plastik biasa, hingga masker.

Baca juga: Seperti Ini Masker Kain 3 Lapis yang Disebut Gugus Tugas Efektif Tangkal Virus

Terbatasnya jumlah masker, membuat banyak orang memilih untuk menjahit masker sendiri sesuai ketentuan yang ada sebagai pelindung diri.

Berikut tiga selebritas Tanah Air yang tidak hanya mengajarkan serta mengimbau penggunaan masker kain, tetapi juga membuat dan menyalurkannya pada orang lain.

Ivan Gunawan

Perancang busana dan pembawa acara Ivan Gunawan baru-baru ini membagikan 1.000 masker kain untuk masyarakat biasa, bukan petugas medis dan pasien positif Covid-19.

Bekerjasama dengan Yayasan Dunia Mega Bintang, Ivan menyumbangkan 1.000 masker kain secara gratis pada orang yang membutuhkan.

Baca juga: Cegah Corona, Ivan Gunawan Bagikan 1.000 Masker Kain Gratis

"Lewat butik saya, saya mencoba membuat masker dari kain dan ternyata menurut saya masker ini sangat efektif," kata Ivan dalam Instagram-nya.

Ia mengatakan, "masker ini memang tidak diperuntukan buat teman-teman yang bekerja di rumah sakit, tapi buat kita bisa dipergunakan sehari-hari."

Soimah

Soimah mengajak masyarakat untuk tidak bergantung pada bantuan. Ia menyarankan agar menjadikan bahan yang ada sebagai bahan pembuatan masker kain.

Baca juga: Gantikan Masker Medis, Soimah Imbau Para Penjahit Membuat Masker Kain

"Kainnya enggak butuh banyak kok, minimal bikin buat keluarga sendiri, jaga-jaga, syukur-syukur bisa bikin banyak," katanya dikutip Kompas.com dari Instagram-nya, @showimah.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X