Tarzan Bicara Komedi Dulu dan Sekarang di Indonesia

Kompas.com - 05/04/2020, 08:28 WIB
Pelawak Tarzan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/11/2017). KOMPAS.com/IHSANUDDINPelawak Tarzan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jauh sebelum stand comedy berkembang di Indonesia, ada grup pelawak Srimulat yang lebih dulu menghibur masyarakat Indonesia.

Bukan hanya teknologi saja yang mengalami perkembangan, pun komedi Indonesia juga ada yang alami perubahan.

Dalam sesi obrolan bersama komika Adriano Qalbi yang ditayangkan secara live streaming di Vidio, Sabtu (4/4/2020), komedian senior Toto Muryadi atau  Tarzan berbicara tentang Srimulat dan perbedaan lawakan dulu dan sekarang.

Baca juga: Tarzan: Stand Up Comedy Diisi Orang Kampus, kalau Srimulat Orang Kampung

 

1. Penyampaian materi yang baik

Tarzan menilai stand up comedy memiliki kekhasan dalam menyampaikan berbagai materi candaan.

"Perkembangan stand up itu termasuk salah satu komedi yang punya karakter, jadi enggak bisa digantiin sembarang orang, karena lain orang lain pula karakternya," kata Tarzan.

Menurut Tarzan, latar belakang para komika juga menjadi salah satu pembeda gaya lawakan stand up comedy dan lawakan lainnya.

Baca juga: Tarzan: Dulu Penonton Harus Bayar kalau Mau Nonton Komedi, Sekarang Penonton Dibayar

Tarzan merasa, disiplin ilmu yang berbeda dengan khasanah masing-masing pelawak menjadi faktor bagaimana pelawak itu menyampaikan materi candaannya.

"Karena juga banyak diisi orang kampus, nah Srimulat orang kampung, kalau dulu kita enggak hati-hati bisa gagal, misalnya Asmuni, Gepeng, dulu begitu teliti mengikuti topik komedi yang sudah disusun dan improve-nya gimana," ucapnya.

2. Segi penonton

Lebih lanjut, Tarzan memberikan perbedaan tentang komedi zaman dulu dan kini.

Salah satunya yang dia soroti adalah motivasi kehadiran penonton untuk menyaksikan pelawak atau komedian yang tampil.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X