Lakukan Komedi Slapstick di Srimulat, Tarzan Diprotes dan Dianggap Kejam

Kompas.com - 04/04/2020, 18:02 WIB
Tarzan berduka atas meninggalnya istri Tukul Arwana, HJ Susianti. Saat ini jenazah wanita yang akrab disapa Susi Similikiti itu disemayamkan di kediamannya di Jalan Haji Jian, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/8/2016). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGTarzan berduka atas meninggalnya istri Tukul Arwana, HJ Susianti. Saat ini jenazah wanita yang akrab disapa Susi Similikiti itu disemayamkan di kediamannya di Jalan Haji Jian, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian senior Toto Muryadi atau Tarzan blak-blakan soal komedi slapstick.

Jenis komedi slapstick dulu sering Tarzan mainkan bersama rekan-rekanya di kelompok lawak Srimulat.

Adapun, slapstick adalah jenis komedi fisik yang mudah dicerna dan bermain dalam lingkup yang luas dan mencakup tiga hal utama yaitu derita, celaka dan aniaya.

Komedi slapstick biasanya lebih mengandalkan kelucuan gerak adegan ketimbang dialog atau monolog yang dibangun pemainnya.

Baca juga: Tarzan: Dulu Penonton Harus Bayar kalau Mau Nonton Komedi, Sekarang Penonton Dibayar

Misalnya, terjatuh dari kursi, saling dorong ke properti yang terbuat dari stereofoam, memasukkan benda asing ke dalam mulut, dan melempar kue ke seseorang.

Menurut Tarzan, meski terlihat mudah, tak semua pelawak bisa melakoni slapstick dengan baik.

Salah mengaplikasikannya justru tak mengundang tawa penonton. 

Baca juga: Tarzan: Stand Up Comedy Diisi Orang Kampus, kalau Srimulat Orang Kampung

"Kalau enggak tepat menyampaikannya bisa konyol doang kelihatannya, kalau di sini kan yang konyol bagian (karakter) pembantu biasanya," ucap Tarzan dalam sesi obrolan bersama komika Adriano Qalbi yang ditayangkan secara live streaming di Vidio, Sabtu (4/4/2020).

Salah satu contoh pelawak yang lihai memainkan slapstick adalah mendiang komedian legendaris Saparbe Notowidagdo atau dikenal sebagai Pak Bendot.

"Nah dulu misalnya Pak Bendot, itu kalau salah melakukan slapstick malah garing, tetapi dia bisa memainkannya dengan baik dan jadi lucu," ujarnya. 

Baca juga: Hadiri Sidang Putusan Nunung, Tarzan Berharap Temannya Bebas

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X