Bintang Emon Jadi Sorotan Media Singapura, Dianggap Punya Sosialisasi Efektif soal Corona

Kompas.com - 01/04/2020, 19:44 WIB
Komika Bintang Emon Instagram Bintang EmonKomika Bintang Emon

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah viral dan menjadi perbincangan banyak orang, komika Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra atau dikenal sebagai Bintang Emon (23) kini menjadi sorotan di media Singapura, Straits Times.

Bintang dianggap mampu menyosialisasikan imbauan pemerintah kepada masyarakat Indonesia lewat media sosial dengan efektif.

Baca juga: Kembali Hibur Lewat DPO, Bintang Emon Beri Pesan Menohok untuk Penimbun Masker

Imbauan itu adalah untuk berdiam diri di rumah selama masa social distancing untuk menekan kurva Covid-19.

Dalam berita tersebut, Straits Times menyebutkan bahwa sebelumnya masyarakat Indonesia tak mengindahkan imbauan pemerintah setelah diberlakukan masa social distancing.

Ketidakpedulian ini terlihat dari banyaknya masyarakat kota Jakarta yang justru pergi berlibur ke Puncak, Bogor, bukannya berdiam diri di rumah.

Baca juga: Pesan Kocak Bintang Emon Buat Para Penimbun Masker

"Orang-orang tidak mendapatkan pesan itu," kata Bintang dilansir dari The Straits Times yang merujuk pada seruan pemerintah pada awal Maret 2020 ini dikutip Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Straits Times menulis, Pemerintah Indonesia telah menerima kritik karena reaksi yang dianggap datar terhadap virus corona. Virus itu telah menginfeksi lebih dari 1.400 orang dan merenggut 122 nyawa.

Pekan lalu, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengeluh bahwa pemerintah tidak mengikuti pedoman sosialnya sendiri ketika mengadakan konferensi pers di Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta untuk menandai kedatangan pasokan medis dari China untuk merawat pasien Covid-19.

Baca juga: Sentil 2 Orang Kenakan APD ke Supermarket, Bintang Emon: Sekalian Beli Otak, Bos!

Adapun, kasus virus corona pertama di Indonesia tidak muncul dan baru dikonfirmasi pada 2 Maret 2020.

Sebelum itu, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta masyarakat berdoa dan menyerahkannya kepada Tuhan berkait kasus virus corona di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X