BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com untuk mengkampanyekan #BerkaryaDariRumah

Cara Para Musisi Tetap Berkarya Saat Physical Distancing

Kompas.com - 28/03/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi musisi melakukan siaran langsung dari rumah saat physical distancing di tengah pandemi virus corona Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi musisi melakukan siaran langsung dari rumah saat physical distancing di tengah pandemi virus corona Covid-19

KOMPAS.com – Sudah hampir 3 bulan negara-negara di seluruh dunia sedang berjuang menghadapi pandemi virus corona jenis baru atau dikenal juga Covid-19.

Bermula dari Wuhan, China, kini virus tersebut telah menyebar ke 177 negara dan menginfeksi lebih dari 590.000 orang di seluruh dunia.

Alhasil, negara-negara terdampak pun terpaksa menerapkan physical distancing untuk mengerem laju penyebaran dan penularan virus corona.

Adapun ketika physical distancing masyarakat diminta untuk menghindari kerumunan atau tempat ramai. Salah satu caranya dengan berada di rumah dan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Indonesia sendiri sudah mulai menerapkan physical distancing dan berkegiatan dari rumah sejak Senin (16/3/2020). Akibatnya, banyak perkantoran, pusat perbelanjaan, dan pusat-pusat keramaian lainnya tutup atau menghentikan sementara kegiatan mereka.

Salah satu yang cukup terkena dampaknya adalah kegiatan konser atau festival musik. Kondisi ini tentunya tidak hanya mengecewakan bagi para penggemar musik. Para musisi pun kecewa karena tidak bisa menyapa dan menghibur penggemarnya secara langsung.

Apalagi, pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) resmi memperpanjang masa kedaruratan wabah virus Corona Covid-19 hingga 29 Mei 2020 mendatang.

Meski begitu, para musisi tak patah arang. Malahan, mereka melakukan berbagai cara untuk tetap terhubung dengan para penggemarnya.

Caranya dengan mengadakan konser mini dengan memanfaatkan fitur siaran langsung di media sosial, seperti yang dilakukan vokalis Coldplay, Chris Martin.

Selama kurang lebih 30 menit, Chris menghibur para penggemarnya di seluruh dunia, Senin (16/3/2020). Lagu-lagu hits, seperti Viva la Vida, Up & Up, dan Yellow, bergantian dinyanyikan dengan diiringi piano atau gitar.

Di antara setiap lagu, Chris menyempatkan diri membaca komentar dan menjawab pertanyaan penggemarnya.

Berkarya dengan cara unik

Sementara itu, musisi-musisi Indonesia juga punya cara sendiri untuk tetap berkarya dan mengusir kebosanan saat physical distancing. Salah satunya, penyanyi Kunto Aji.

Pria berambut keriting itu membuat pertunjukan unik dengan caranya sendiri, yakni melakukan siaran langsung di Instagram sambil bernyanyi di bawah pancuran. Aksi ini ternyata bermula dari cuitan Kunto Aji di akun Twitter-nya, Kamis (19/3/2020).

“Mau bikin live video, tapi nyanyi-nyanyi di shower enggak jelas gitu. Menghibur enggak, ya? (enggak kelihatan badan lah ya),” cuitnya.

Karena mendapat sambutan yang baik dari pengikutnya di Twitter, Kunto Aji kemudian meminta mereka untuk memberikan ide lagu-lagu apa yang harus dia nyanyikan.

Tak lama kemudian, dia memulai konser mini dari kamar mandi rumahnya sambil keramas 3 kali dan bersabun 4 kali.

Ilustrasi menonton live streaming konser atau pertunjukan musik dari rumahSHUTTERSTOCK Ilustrasi menonton live streaming konser atau pertunjukan musik dari rumah

Apa yang dilakukan oleh Chris Martin dan Kunto Aji tersebut dapat menjadi tanda bahwa keterbatasan ruang dan gerak tidak menjadi penghalang untuk tetap berkarya.

Meskipun media yang digunakan serupa, yakni media sosial, keduanya tetap berkarya sesuai dengan gaya dan kepribadian masing-masing.

Semangat itu jugalah yang ingin disebarkan oleh Authenticity lewat acara bertajuk Authenticity from Home Festival, yang digelar secara digital pada 27-28 Maret 2020.

Acara tersebut menjadi penanda bahwa dalam kondisi terbatas kita masih bisa #BerkaryaDariRumah dan tetap menjadi diri sendiri dengan menunjukkan Ini Asli Gue.

Ada tiga kategori utama yang ditampilkan, yakni musik, komedi, dan art (seni). Ketiga kategori itu akan diisi oleh para musisi serta seniman kenamaan Indonesia.

Meski dilakukan secara daring, semua performer dapat berinteraksi dengan penggemar dan menciptakan kedekatan yang tidak bisa dilakukan lewat konser live biasa. Format ini pun dapat mengikis jarak yang tercipta akibat physical distancing.

Untuk diketahui, Authenticity from Home Festival merupakan kegiatan lanjutan dari acara sebelumnya, yakni Authenticity from Home, yang sukses digelar pada Minggu (22/3/2020) lalu.

Pada tanggal 27 Maret 2020 kemarin, sederet musisi dan komika telah memeriahkan festival tersebut. Sebut saja Endah N Ressa, Aditya Sofyan, Pamungkas, Anji, serta duo komika Uus dan Dicky.

Sementara itu, di tanggal 28 Maret 2020, acara akan dimeriahkan Tuan 13, Sisitipsi, Feel Koplo, The Panturas, dan Fourtwnty.

Bagi yang ingin mengikuti keseruannya, Authenticity from Home Festival disiarkan secara langsung melalui website authenticity.id.

Alhasil, momen physical distancing tidak lagi menjadi penghalang bagi para seniman untuk terus berkarya dan menghibur penggemarnya.

Selain itu, acara tersebut diharapkan dapat membuat semakin banyak orang tetap berada di rumah dan terinspirasi untuk terus berkarya.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar