Kompas.com - 28/03/2020, 14:02 WIB
Anne Avantie sedang melihat-lihat kain dalam pameran Adiwastra Nusantara 2019 Aldo C.S.Anne Avantie sedang melihat-lihat kain dalam pameran Adiwastra Nusantara 2019

KOMPAS.com - Perancang busana Anne Avantie menceritakan awal mula tergerak membuat Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis.

Anne menceritakan hal itu melalui sebuah video berjudul Hentikan Produksi Kebaya, Anne Avantie Pilih Jahit APD untuk Disumbangkan dalam kanal Youtube Kompas.com Reporter on Location.

Baca juga: Namanya Dicatut Saat Pandemi Covid-19, Anne Avantie: Sangat Tidak Manusiawi

Kata Anne, semua berawal ketika seseorang bercerita kepadanya bahwa persediaan telur di panti asuhan yang dia pimpin hampir habis.

"Iya awalnya itu dari telur. Jadi ada seorang pemimpin panti asuhan yang mengatakan kepada saya WhatsApp, 'Bunda ini adalah telur terakhir. Untuk anak-anak makan besok apa?'" kata Anne.

"Lalu saya menangis dalam hati saya. Kok ya kita itu manusia ya, ada situasi ini kok ya saya bikin egois ya dengan kondisi ini, gitu. Bahwa banyak yang enggak bisa makan. Tapi kita menimbun makanan," lanjutnya.

Baca juga: Anne Avantie Ajak Para Penjahit Sukarela Buat APD Gratis

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anne yanng pada saat itu sedang berada di Palembang pun meminta stafnya untuk membagikan ribuan butir telur ayam ke yayasan-yayasan.

Produksi APD oleh Anne Avantie.Instagram/@anneavantieheart Produksi APD oleh Anne Avantie.
"Kemudian saya mengutus staf yayasan Anne Avantie untuk membagikan ratusan kotak telur kepada yayasan-yayasan, pondok pesantren serta panti-panti asuhan," ucap Anne.

Belum selesai Anne membagikan telur, seorang suster dari Rumah Sakit Elisabeth kemudian meminta Anne untuk membuat APD.

Baca juga: Buat APD untuk Petugas Medis, Anne Avantie Stop Dulu Produksi Kebaya

"Dan beliau mengatakan 'Bunda bisa minta tolong buatkan seragam APD? Kami sangat membutuhkan'," kata Anne.

"Jadi ceritanya begitu, dari telur kemudian setelah itu belum sampai saya mengambil contoh (APD), suster sudah ke rumah saya dan menitipkan contoh tersebut ke satpam," sambungnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X