Didiet Maulana: Selebgram dengan 18 Juta Followers Punya Tanggung Jawab

Kompas.com - 24/03/2020, 18:34 WIB
Didiet Maulana di restoran steaknya Kompas.com/WisnubrataDidiet Maulana di restoran steaknya

JAKARTA, KOMPAS.com - Desainer Didiet Maulana punya inti pesan di balik panjang lebarnya kritikan yang ditujukan kepada seorang selebgram sekaligus YouTuber ternama.

Terlebih, selebgram yang tidak disebutkan namanya oleh Didiet tersebut memiliki 18 juta followers di Instagram.

"Yang ingin saya sampaikan adalah Tuhan mempercayakan orang punya followers banyak itu pasti ada maksud dan sebab. Ketika dia diberkahi dengan 18 juta followers berarti dia punya tanggung jawab terhadap 18 juta jiwa," kata Didiet saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Diprotes Tetangga karena Syuting YouTube Saat Social Distancing, Ria Ricis Buka Suara

Bila saja sang selebgram bisa memberi contoh yang baik, misalnya dengan menuruti imbauan pemerintah Indonesia untuk tidak mengadakan kegiatan ramai orang.

Maka, akan banyak orang pula yang bisa memperkecil peluang tertular virus corona.

"Nah bayangin aja kalau followers yang 18 juta jiwa ini di satu rumahnya itu ada lima org, kaliin aja, ada berapa puluh jiwa yang bisa kita selamatkan apabila seorang tokoh yang punya banyak followers ini kasih contoh yang benar gitu," jelas Didiet.

Sedangkan, sepengetahuan Didiet sang selebgram beralasan sudah memiliki izin dari kepala lingkungan komplek kediamannya, tetapi Didiet merasa itu masih tidak bisa menjamin.

Baca juga: Didiet Maulana Ungkap Alasan Kritik Selebgram yang Syuting YouTube di Tengah Wabah Corona

"Di masa darurat kronis seperti ini ngantongin surat izin, lu kira virus bisa takut sama surat izin. Ini kan dengan keadaan kayak begini kan berarti ini keadaannya darurat, berarti cara kita bersikap juga harus darurat. Enggak bisa lagi pakak cara kayak gitu," ujar Didiet.

Baginya, bantahan tersebut sekarang tidak penting karena di saat seperti ini manusia harus saling mendukung.

"Kita harus sama-sama menjaga keselamatan gitu karena ini membahayakan banget. Dia juga udah shaping followers-nya itu jadi punya pemikiran yang hadeh liat baca aja deh komentar-komentarnya dari followersnya," kata Didiet.

Adapun, Didiet mengecam keras tindakan seorang selebgram setelah melihat Insta Story temannya, Henny Myranda.

Sang selebgram merupakan tetangga Henny dan tidak menghiraukan imbauan penghuni setempat untuk tidak melakukan syuting dengan banyak kru di komplek perumahan.

Didiet tak menyebutkan secara gamblang siapa selebgram itu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X