Kompas.com - 14/03/2020, 09:05 WIB
Eks member Monsta X, Wonho SoompiEks member Monsta X, Wonho

KOMPAS.com - Starship Entertainment merilis pernyataan tentang akhir penyelidikan terhadap mantan member MONSTA X, Wonho, atas tuduhan penggunaan ganja pada 2013.

Pada akhir 2019, laporan dibuat bahwa seseorang mengklaim telah menyaksikan Wonho dan Jung Da Eun merokok ganja pada 2013.

Orang yang membuat tudingan tersebut saat ini ditahan di Pusat Penahanan Seoul atas tuduhan menggunakan narkoba termasuk ganja, Philopon (bentuk metamfetamin), ekstasi, dan ketamin.

Baca juga: Keluar dari MONSTA X, Wonho Minta Maaf

Tim investigasi narkotika dari Kepolisian Metropolitan Seoul lalu meluncurkan penyelidikan atas tuduhan tersebut dan Wonho disebut kooperatif.

Pada 14 Maret 2020, Starship Entertainment merilis pernyataan resmi yang mengumumkan bahwa penyelidikan telah selesai dan Wonho telah dibebaskan dari semua tuduhan terkait dengan kasus tersebut.

"Wonho telah dibebaskan dari semua tuduhan terkait kasus ini," ujar Starship dalam pernyataan mereka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mundur dari MONSTA X, Wonho: Ada Masa-masa Memalukan dalam Hidup Saya

Agensi itu menambahkan, polisi melakukan penyelidikan luas selama lima bulan terakhir, tetapi tidak menemukan kegiatan yang mencurigakan dan kasus yang melibatkan Wonho ditutup pada 10 Maret.

"Terlepas dari informasi di atas, agensi kami dan Wonho ingin sekali lagi meminta maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran besar kepada penggemar," kata Starship.

Baca juga: Fans MONSTA X Kumpulkan Rp 280 Juta demi Wonho

Mereka juga menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada para penggemar di Korea maupun internasional yang telah mengawasi penyelidikan serta menunjukkan dukungan mereka yang tidak berubah.

"Selama investigasi, kami meminimalkan liputan media dan paparan eksternal terhadap Wonho sebanyak mungkin. Kami telah menunggu lama karena kami melakukan yang terbaik, seperti menunjuk perwakilan hukum, untuk memastikan bahwa tidak ada tuduhan yang tidak adil," ucap Starship.

Baca juga: Ingin Wonho Kembali ke MONSTA X, Monbebe Pasang Iklan di Times Square

"Kami akan memberikan Wonho dukungan penuh kami sehingga ia dapat melanjutkan jalan yang diinginkannya di masa depan," tutup agensi tersebut.

Pada 31 Oktober 2019, diumumkan bahwa Wonho hengkang dari MONSTA X, menyusul desas-desus narkoba yang melibatkan kenalannya, Jung Da Eun, yang kemudian dibantah Starship Entertainment.

Dia menulis surat kepada penggemar yang menjelaskan kepergiannya dan pada 1 November, Starship Entertainment mengonfirmasi bahwa mereka telah mengakhiri kontrak dengan Wonho.

Baca juga: Wonho Umumkan Hengkang dari MONSTA X


Sumber Soompi
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X