Hari Musik, Anang Hermansyah Kritisi Portamento di Tempat Umum

Kompas.com - 09/03/2020, 15:20 WIB
Anang Hermansyah yang ditemui usai mengisi acara Indonesian Idol di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Senin (17/2/2020) KOMPAS.com/REVI C RANTUNGAnang Hermansyah yang ditemui usai mengisi acara Indonesian Idol di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Senin (17/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com- Hari ini, 9 Maret diperingati sebagai hari musik nasional. Tapi bagi musisi, hari ini kembali mengingatkan mereka bahwa masih ada persoalan serius dari sektor musik di Indonesia.

Anang Hermansyah, musisi asal Jember ini termasuk yang mempertanyakan kembali peran Portamento, sebuah platform yang sejak tahun 2017 akan digunakan untuk mengatasi permasalahan pelaku industri musik, seperti masalah hak cipta.

"Supremasi hak cipta masih sangat lemah. Sedangkan tantangan di sektor musik Indonesia semakin kompleks," ujar Anang dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Sederet Harapan dan Curahan Hati Musisi Indonesia pada Hari Musik Nasional

Portamento sebagai instrumen untuk monitoring pergerakan pemutaran lagu di rumah karaoke, pusat perbelanjaan, kafe, hotel dan tempat obyek wisata, tapi faktanya hingga saat ini tak segera terealisasi.

"Portamento sebagai medium untuk supremasi hak cipta dan royalti pencipta dan penyanyi lagu, sampai sekarang juga tak jelas keberadaannya," keluh Anang.

Menurut Anang, potensi musik di Indonesia cukup menjanjikan. Hanya saja, faktanya, kontribusi musik untuk Produk Domestik Bruto (PDB) tak mencapai 1 persen.

Baca juga: Pesan Slank di Hari Musik Nasional: Hargai Musisi, Hindari Download Bajakan!

Hal itu tak lain karena disebabkan oleh persoalan hak cipta yang tak kunjung diselesaikan oleh pemangku kepentingan.

Seperti implementasi UU No 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta yang dianggap belum maksimal.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X