Jumlah Views Berkurang, Deddy Corbuzier Baru Sadar Kontennya Dicuri

Kompas.com - 26/02/2020, 18:43 WIB
Deddy Corbuzier saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020) KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUSDeddy Corbuzier saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Deddy Corbuzier sedang menunggu pertanggungjawaban dari perusahaan Wave Suara yang mengambil konten dari kanal YouTube-nya untuk diunggah kembali tanpa izin.

Menurut Deddy, sejak awal saat perusahaan yang diduga asal Vietnam tersebut menghubungi manajemennya untuk membeli kontennya, ia tak pernah setuju.

Baca juga: Mengaku Mulai Pacaran Sejak TK, Adhisty Zara Kejutkan Deddy Corbuzier

"Karena saya tahu kalau YouTube itu sekarang bisa ditutup, tapi masih bisa didengar gitu. Artinya kan orang bisa enggak usah lihat, tapi bisa dengar," ucap Deddy saat diwawancarai di kawasan Senayan Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020).

Ayah satu anak ini punya alasan sendiri tidak mau kontennya diunggah di banyak platform.

"Kenapa saya tidak masukin ke channel lain? Supaya orang larinya ke satu titik. Supaya saya tahu penontonnya ada berapa," kata Deddy.

Baca juga: Gara-gara Adhisty Zara, Deddy Corbuzier Ungkap Penyebab Putus dengan Agnez Mo

Beberapa bulan lalu, Deddy menyadari ada perubahan dengan pencapaian kanal YouTube miliknya.

"Nah, belakangan penontonnya (views) berkurang, kenapa bisa bekurang? Oh ternyata kepecah. Kepecah ke mana. Oh, ternyata Spotify, ke Apple Music. Siapa yang mecah? Ya perusahaan ini (Wave Suara)," tutur Deddy.

"Kan artinya saya dirugikan dong," imbuhnya.

Pihak Deddy Corbuzier telah berkomunikasi dengan perusahaan itu.

Baca juga: Baru Dua Kali Bertemu, Deddy Corbuzier Kenang Kebaikan Ashraf Sinclair

Wave Suara juga sudah meminta maaf dan berjani akan menghapus karya Deddy yang telah diunggah dalam bentuk podcast di platform Anchor, Spotify, serta Apple Music.

Akan tetapi, ternyata menurut Deddy, kontennya masih ada dalam akun Wave Suara dan perusahaan tersebut tak menjawab pertanyaan Deddy yang mempertanyakan soal pencurian konten.

Pantauan Kompas.com, kini akun @wavesuara yang berkomunikasi dengan Deddy lewat direct message sudah hilang dari Instagram.

Baca juga: Konten YouTube Dicuri, Deddy Corbuzier: Kenapa Harus Mencuri?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Dear @wavesuara saya masih tidak mengerti bagaimana seseorang bisa memulai sebuah perusahaan lengkap dgn Website dll dgn mencuri konten konten kreator lainnya (bukan hanya saya) untuk kepentingan pribadi anda.. Sudah seminggu org saya menghubungi kalian tapi sampai saat ini beberapa konten masih ada di mana mana dgn nama anda.. (apapun alasannya) Saya sebagai pribadi sangat mendukung semua creator di Indonesia agar bisa lebih berkembang lagi dengan karya nya.. Mencuri karya orang bukan salah satunya.. Bukan menjiplak.. Bukan meniru.. Tapi mengambil karya org tanpa ijin dan pemberitahuan lalu menggunakan nya untuk kepentingan diri sendiri adalah salah dan melanggar hak cipta. KAPAN INDONESIA MAJU BILA MENTAL OKNUM MASYARAKAT NYA MASIH SEPERTI INI. I delete this when all my content u took been deleted.. Maybe.

A post shared by Deddy Corbuzier, Ph.D (@mastercorbuzier) on Feb 25, 2020 at 12:34am PST

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X