Korea Selatan Darurat Virus Corona, Jadwal Rilis Sejumlah Film Ditunda

Kompas.com - 25/02/2020, 15:57 WIB
Ilustrasi bioskop. ThinkstockIlustrasi bioskop.

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri film terus menderita akibat virus Corona. Setelah China, kini Korea Selatan termasuk salah satunya.

Pemerintah Korea Selatan meningkatkan status kewaspadaan pada level tertinggi atau red alert. Akibatnya, sejumlah bioskop dan film-film di Korea Selatan ikut terkena dampaknya.

Baca juga: Kasus Virus Corona Meningkat, TWICE Batalkan Konser di Korea

Masyarakat memilih menjauh dari bioskop di tengah semakin cepatnya penyebaran COVID-19 di Korea Selatan.

Hal ini juga ikut mempengaruhi perilisan sejumlah film di Korea Selatan.

Terjadi sejumlah penurunan jumlah penonton. Bahkan di akhir pekan, menurut catatan Korean Film Council, hanya berhasil menjaring 474.979 penonton.

Baca juga: Baru Tayang, Drama Korea Hi, Bye Mama! Cetak Rating Nomor 1

Jumlah tersebut mewakili gambaran terjadinya penurunan sebesar 60 persen penonton dibanding pekan sebelumnya.

Tak cukup di situ, mereka yang disebut sebagai moviegoers ini juga menurun untuk pertama kalinya sejak wabah virus corona merebak bulan lalu.

Hasil yang tak begitu baik untuk industri perfilman sejak merebaknya virus corona dirasakan langsung film Beast Clawing at Straws.

Baca juga: Ada Sentuhan Drama Korea dalam Singel Terbaru Donnie Sibarani

Meskipun film yang dibintangi Jeon Do yeon dan Jung Woo sung disebut berhasil menduduki box office sejak dirilis Rabu lalu, film itu hanya mampu menarik 164.409 penonton saat akhir pekan.

Terlebih saat pemerintah memutuskan untuk menaikkan status siaga virus di tingkat tertinggi atau red alert sejak Senin.

Walt Disney Company Korea misalnya, mereka mengumumkan untuk mengundurkan jadwal film Onward yang seharusnya tayang Maret menjadi April 2020.

Baca juga: Daftar 30 Wilayah di Korea Selatan yang Konfirmasi Positif Virus Corona Covid-19

Bahkan, film Parasite versi hitam putih yang awalnya dijadwalkan rilis hari Rabu terpaksa diundur tanpa diketahui kapan tanggal dan bulan pastinya.

Sama halnya dengan film Korea, Time to Hunt, Innocence, Call dan The Wandering Chef, yang semua dijadwalkan tayang dua minggu lagi terpaksa menunda perilisan mereka.

Namun untuk film horor Brahms: The Boy II yang dijadwalkan tayang tanggal 5 Maret akan tetap tayang, tapi tanpa ada acara untuk pers.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X