Kompas.com - 16/02/2020, 16:28 WIB
Cucu keponakan mendiang BJ Habibie, Melanie Subono saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (15/2/2020). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Cucu keponakan mendiang BJ Habibie, Melanie Subono saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (15/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Melanie Subono turut memperingati hari kanker anak sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Februari.

Cucu keponakan mendiang BJ Habibie ini pun membagikan tips untuk masyarakat dalam memerangi dan membantu para penderita penyakit kanker.

Menurut Melanie, sebelum membantu orang lain, ada baiknya membenahi diri sendiri dan lebih sering memeriksa kesehatan ke dokter.

"Orang kita itu enggak doyan ke dokter, karena takut ketahuan penyakit. Cari tahu, supaya nanti enggak keburu pas stadium sekian baru tahu," ucap Melanie saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (16/2/2020).

Baca juga: Melanie Subono soal Wacana Legalisasi Ganja: Sulit di Indonesia

Kemudian, lanjut Melanie, mulai dengan memperbaiki pola hidup sehat. Setelah itu, baru membantu orang yang mengidap kanker dengan cara masing-masing.

Perempuan kelahiran Oktober 1976 itu mengatakan ada berbagai cara sederhana yang bisa dilakukan selain berdonasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Loe enggak punya duit? Loe bisa kasih waktu. Jadi menemani anak kanker di mana gitu. Loe enggak punya waktu? Bisa potong rambut gua saja, rambut gua bisa disumbangkan saja buat dijadikan wig buat anak-anak kanker," ujarnya.

Baca juga: Jadi Duta Kanker Anak, Indra Bekti Jadi Lebih Berempati

Di sisi lain, Melanie senang dengan banyaknya lembaga kanker yang mengunggah berbagai kegiatannya.

Dengan demikian, banyak warganet yang tahu dan tergerak untuk turut membantu.

"Banyak banget badan-badan (lembaga) kanker yang mereka juga sudah netizen frendly kok, bahkan punya Instagram, macam-macam lah gitu," ucap Melanie Subono.

Baca juga: Saat Angelina Jolie Kuatkan Pasien Kanker Anak di RS Dharmais


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X