Ahmad Dhani Ungkap Rahasia di Balik Lagu-lagu Dewa 19

Kompas.com - 14/02/2020, 13:33 WIB
Tangkapan layar Ahmad Dhani saat berbicara tentang Dewa 19 dalam vlog VIDEO LEGEND YouTube VIDEO LEGENDTangkapan layar Ahmad Dhani saat berbicara tentang Dewa 19 dalam vlog VIDEO LEGEND

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin kalau bukan Baladewa (sebutan penggemar Dewa 19), tak akan menyangka bahwa lagu-lagu Dewa 19 sebagian besar justru dibuat oleh Andra Ramadhan, sang gitaris.

Selama ini, banyak orang menduga bahwa mayoritas lagu Dewa 19 adalah hasil karya Ahmad Dhani.

Tetapi, fakta lain justru diungkap oleh Ahmad Dhani lewat vlog-nya di kanal Video Legend berjudul "Virall!!! Ahmad Dhani: Inilah Perbedaan DEWA 19 dengan band-band Indonesia lainnya".

"Kalau dipikir-pikir banyak lagu-lagu yang sebenarnya ciptaannya Andra, bukan ciptaan saya," kata Dhani seperti dikutip Kompas.com, Jumat (14/2/2020).

Baca juga: Ahmad Dhani Sebut Panggung Basi Saat Dewa 19 Manggung Tanpa Dirinya

Dhani kemudian mengatakan, kalau tebakan itu biasanya lantaran efek yang digunakan oleh Andra, sehingga tidak kentara sebagai sebuah lagu yang diciptakan seorang gitaris pada umumnya.

"Orang pikir pasti (ciptaan saya), karena drum loop-nya kuat, seperti (lagu) 'Separuh Nafas'," ujar Dhani.

Dhani lantas memberi contoh lagu "Separuh Nafas" yang merupakan ciptaan Andra, dan Dhani hanya berperan untuk menulis lirik lagu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X